Khasiat Binahong, Baik bagi Jantung

daun binahong suryamedia

Suryamedia.id | Daun binahong berasal dari tanaman binahong yang merupakan tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat.

Tumbuhan menjalar, berbatang lunak, berdaun tunggal, dan berbunga majemuk ini berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah dan mengembalikan daya tahan tubuh.

Tanaman tersebut dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan atau obatan herbal. Daunnya sudah biasa dipakai untuk berbagai macam obat tradisional di masyarakat sejak zaman dulu bahkan hingga sekarang meskipun sudah ada obat- obat yang lebih modern.

Apa sajakah  manfaat daun binahong untuk kesehatan jika dikonsumsi secara terus-menerus? Simak ulasannya berikut ini:

  1. Mengobati Luka Bakar

Luka bakar harus mendapatkan penanganan yang cepat. Dari penelitian yang dirilis pada tahun 2017 lalu, terbukti bahwa salep yang mengandung 5% ekstrak daun binahong mampu mengobati luka bakar dengan cepat.

Kunci dari proses penyembuhan luka bakar adalah pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit. Ketika ekstrak daun tersebut digunakan, terlihat bahwa luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik ketimbang tidak menggunakan daun binahong.

  1. Daun Binahong dapat Mengobati Maag

Jika Anda memiliki penyakit maag akut yang kerap kambuh saat jadwal makan berantakan, maka daun itu bisa menjadi solusinya. Kandungan yang ada di dalam daun tersebut  akan membuat perut Anda menjadi tenang. Selain mengobati maag, teratur minum jus binahong atau air rebusan daun, juga bisa mengobati penyakit disentri pada sistem pencernaan.

Baca Juga :   Waspada Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here