Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Foto: Ilustrasi wajah berjerawat/Pixabay

Suryamedia.id – Memiliki jerawat batu sepertinya akan menimbulkan rasa stres tersendiri, apalagi untuk kaum hawa. Ukurannya yang besar, berwarna merah dan dipenuhi oleh nanah, pasti akan  menganggu penampilan kamu. Ditambah efek yang dapat menimbulkan rasa sakit dan gatal pada area yang ditumbuhi jerawat.

Jerawat atau acne vulgaris dapat ditimbulkan karena pori pori wajah tersumbat oleh sel-sel kulit mati. Terkadang bakteri ikut terjebak di dalamnya sehingga membuat area memerah dan membengkak. Sementara, jerawat batu terjadi Ketika infeksi yang telah masuk jauh ke dalam kulit wajah kamu dan membentuk benjolan yang berisi nanah. Jerawat batu juga bisa muncul pada dada, Pundak, punggung atau lengan atas.

Penyebab Jerawat Batu

Tidak ada penyebab pasti jerawat batu dapat muncul. Namun, hormon androgen bisa menjadi salah satu pemicunya. Hormon androgen yang meningkat dapat menyebabkan perubahan pada kulit, yang mengakibatkan tersumbatnya pori-pori dan jerawat. Kalangan remaja dan wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi, menopause, kehamilan atau yang menderita sindrom ovarium polikistik adalah kalangan yang biasanya memiliki hormon androgen tinggi.

Kondisi ini juga termasuk warian yang diberikan orang tua kepada anaknya. Jika salah satu orang tua pernah menderita jerawat batu yang parah, maka anaknya juga dapat mengalaminya.

Penanganan Jerawat Batu

Jerawat batu tidak bisa disembuhkan secara tuntas hanya dengan memakai obat jerawat yang dijual bebas di pasaran. Jika kamu memiliki jerawat batu, maka kamu harus mendapat bantuan dari tenaga ahli, yaitu dokter kulit atau ahli dermatologis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here