Mengelola Stres yang Baik dan Benar

Foto: Ilustrasi stres/Suryamedia/Pixabay/

Suryamedia.idStres merupakan hal normal yang pasti dialami oleh setiap orang. Stres yang pada umumnya bisa memberikan dampak positif seperti membantu mengerjakan pekerjaan lebih cepat Ketika sedang mengejar tenggat waktu. Namun, kondisi stress yang berlebihan memiliki dampak negative jika sering terjadi dan berkepanjangan.

Dampak stress terhadap Kesehatan

Stress yang berkepanjangan dapat memicu terjangkitnya penyakit. Stress yang berlebihan tak hanya berdampak ke Kesehatan mental namun juga Kesehatan secara umum. Stres dapat menyebabkan penyakit, karena stress bukan hanya sekedar perasaan. Kondisi stress juga akan memicu beberapa reaksi seperti tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit dan membuat napas lebih cepat.

Hal ini disebabkan tubuh melepas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon tersebut juga mampu meluapkan energi secara percuma sehingga membuat tubuh merasa mudah Lelah.

Sistem kekebalan tubuh seseorang yang sedang stress juga akan menurun, sehingga menjadikan tubuh untuk sulit melawan penyakit. Alhasil, tubuh akan mudah terserang penyakit. Saat sedang menderita penyakit, stress berkemungkinan dapat memperparah kondisi tubuhmu.

Baca Juga :   Tips Perawatan Kulit Kering

Sistem kekebalan seseorang yang sedang stres juga akan menurun, sehingga menjadikan tubuh sulit melawan penyakit. Hasilnya, kamu akan lebih mudah terkena penyakit. Saat Anda sedang menderita penyakit, stres mungkin bisa memperparah kondisi Anda. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyerang Anda jika mengalami stres berkepanjangan:

Lakukan Cara-cara ini untuk Mengendalikan Stres

Langkah pertama mengatasi stres adalah dengan mengetahui apa yang menyebabkan stres, dalam hal ini kamu sendiri yang mengetahuinya. Setelah itu, apa saja pemicu stres tersebut sehingga dapat mengantisipasi langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegah atau melawan stres.

Langkah yang dapat dilakukan untuk memberikan relaksasi untuk tubuh dan pikiran, seperti:

  • Mengeluarkan semua unek-unek

Memendam perasaan, terutama perasaan yang mengganggumu, bisa membuat kamu menjadi stres. Lebih baik mengutarakan semuanya agar kamu dapat melepas beban yang dirasakan. Mengutarakan semua yang ada di benak dengan menulis buku harian atau langsung berbicara kepada orang yang bersangkutan, orang yang kamu percaya, atau psikolog. Percayalah, setelah mengeluarkan semua unek-unek itu, perasaan mu pasti akan jauh lebih baik.

Baca Juga :   Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here