Cara Mengendalikan Emosi Negatif untuk Kesehatan Mental

Foto: Ilustrasi kesehatan mental/ Pixabay/

Suryamedia.id – Sedih, marah atau kecewa adalah perasaan yang normal. Namun perlu kamu ketahui bagaimana cara mengendalikan emosi agar tidak merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

Emosi adalah ekspresi normal manusia atas berbagai hal yang terjadi dalam hidupnya. Seperti ketika kamu merasa senang saat mendapat hadiah, merasa kesal saat terjebak macet, atau merasa sedih saat kehilangan seseorang yang dicintai.

Berbagai emosi yang dirasakan ini akan berpengaruh pada Tindakanmu. Jika sedang merasakan emosi yang positif, maka tindakan yang mengikutinya juga akan positif, sebaliknya, emosi negatif akan cenderung membuat kamu berperilaku negatif pula.

Ekspresi emosi negatif bahkan membahayakan hubungan pertemanan, pekerjaan, hingga Kesehatan mental. Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk mengendalikan emosi agar mengekspresikannya dengan tepat.

Berikut ini adalah cara mengendalikan emosi negatif yang bisa kamu coba:

  1. Berpikiran dan bersikap positif

Kamu mungkin tidak dapat mengubah situasi buruk yang bisa saja menimpamu, namun kamu bisa mengubah sudut pandang agar situasi yang sedang terjadi menjadi hal yang positif. Misalnya, kamu merasa kecewa karena mendapat banyak kritik pada presentasi yang baru saja diberikan.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here