Dinsos Rembang Coret Sejumlah Data Penerima Bantuan Sosial

Foto: Nasaton Rofiq, Kabid Pemberdayaan Sosial dari Dinsos Kabupaten Rembang/Mitrapost.com/Aziz Afifi

Rembang, Suryamedia.id – Dinas Sosial Kabupaten Rembang telah melakukan pengurangan data penerima bantuan per awal tahun 2021, tepatnya pada bulan Januari. Sejumlah orang yang tidak masuk dalam kriteria dalam kacamata Dinsos dicoret sebagai penerima bantuan.

Upaya mencoret sejumlah nama dari daftar penerima bantuan tersebut merupakan langkah tertib administrasi yang diambil oleh Dinsos.

Hal ini diperkuat saat dilantiknya Tri Rismaharini sebagai menteri sosial yang langsung memberlakukan fokus koreksi data penerima bantuan diawal jabatannya. Kebijakan tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan ada sejumlah ketidaktepatan data yang beredar di bawah.

Baca juga:Banjir Rendam 250 Hektare Sawah di Pati, Petani Rugi 7 Miliar

Pengurangan jumlah penerima bantuan juga diperkuat dengan surat edaran yang berlaku. Yaitu surat edaran tertanggal 8 Januari 2021 yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial Rembang sebagai tebusan  dari Surat Direktur Fakir Miskin Wilayah II yang dikeluarkan 4 Januari tentang  KPM yang dikeluarkan dari daftar penerima bantuan 2021.

Dalam surat tersebut sejumlah kategori disebutkan setidaknya ada tujuh poin yang harus dikeluarkan oleh dan dari penerima bantuan sembako tahun ini.

Baca Juga :   Warga Keluhkan Sampah yang Bermuara di  Sungai Desa Dasun

Hal itu diakui oleh Nasaton Rofiq Kabid Pemberdayaan Sosial dari Dinsos Kabupaten Rembang pada Senin (1/2/ 2021). Ia mengakui di beberapa daerah memang ditemui sejumlah data keliru.

“Terus pada 31 Januari kita diperintahkan untuk melakukan validasi dan verifikasi data. Kami disampaikan BNBA (by name by adress). Ternyata ini kenyataanya dari data yang ada itu ada memang itu tidak valid,” ungkapnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Sebut Penerapan PPKM di Lapangan Inkonsisten

Ketidaksesuaian data yang dimaksud berupa munculnya NIK yang dimiliki tidak padu padan dengan data Dukcapil.  Kepemilikan kartu keluarga sejahtera (KKS) yang dobel, satu keluarga penerima bantuan dobel yang harus memilih salah satu dan penerima berada kategori desil 4. Sedangkan untuk prioritas penerima bantuan merupakan mereka yang dibawah desil 4, yakni pada tingkatan 1,2, dan 3.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini