Jenis Minuman Ini Bisa Cepat Redakan Efek Kepedasan

Foto: Ilustrasi/pixabay/daecheonnet

Suryamedia.id – Makanan pedas tak jarang mampu menggugah selera makan, khususnya bagi pecinta makanan pedas. Bahkan pecinta makanan pedas kini semakin dimanjakan dengan kuliner ekstra pedas dengan pilihan level pedasnya.

Sensasi makan makanan pedas selain mampu membuat tubuh berkeringat juga memberikan efek terbakar pada lidah. Rasa terbakar ini sebenarnya disebabkan oleh suatu senyawa yang ada di dalam kandungan cabai.

Melansir Hello Sehat saat makan makanan pedas senyawa capcaisin pada cabai akan menempel di reseptor lidah. Kemudian, reseptor di lidah akan membawa sinyal ke otak bahwa tubuh telah menyentuh sesuatu yang panas sehingga pada beberapa orang, mereka bisa berkeringat saat kepedasan.

Namun rasa pedas yang berlebihan menimbulkan efek yang kurang mengenakkan. Selain membuat lidah seperti mati rasa efek selanjutnya bisa membuat sakit perut.

Tapi tenang, saat menikmati kuliner pedas kamu bisa menyediakan beberapa jenis minuman ini agar efek pedas tidak terlalu terasa menyiksa.

Baca juga: Rawat Kuku Cantik dan Kuat, Gunakan Bahan Alami Ini

Minum susu

Peneliti di New Mexico State University Chile Pepper Institute menemukan cara cepat untuk menetralisir efek terbakar setelah makan makanan pedas, yakitu dengan minum susu.

Dalam studinya, ia menemukan bahwa protein dalam susu bisa menggantikan senyawa kimia yang membuat cabai terasa pedas dan menimbulkan sensasi panas serta terbakar.

Minuman asam

Minuman asam seperti jus lemon dan jus tomat disinyalir mampu mengatasi kepedasan. Asam yang terkandung dalam minuman tersebut bisa menghilangkan rasa pedas yang disebabkan capsaicinoid. Memakan jeruk atau irisan lemon juga bisa membantu.

Baca juga: Serba Serbi Lidah Buaya Merawat Jerawat

Air hangat

Air hangat terbukti cukup ampuh mengurangi kepedasan daripada meminum air dingin. Hanya saja meminum air hangat tidak berefek seketika.

Sesaat setelah minum air hangat, mulut yang tadinya sudah kepedesan akan semakin memanas sebentar. Namun dalam beberapa kali tegukan, rasa pedasnya akan segera mereda.

Gula

Makan makanan manis sering menjadi jalan cepat menghilangkan kepedasan. Hal ini tak salah sebab mengonsumsi satu sendok teh gula utuh atau madu bisa menghilangkan rasa pedas.

Selai kacang

Selai kacang dapat dengan cepat menghilangkan rasa pedas. Hal ini karena rasanya yang manis, selai kacang juga memiliki kandung lemak yang dapat mengikat enzim kapsaisin.

Kamu bisa mengisap selai kacang secara perlahan hingga rasa pedasnya mereda. (*)

Baca juga: Tips Pakai Parfum, Wangi Tahan Lama

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Hilangkan Efek Terbakar karena Kepedasan dengan Minuman Ini‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here