Kali Silugonggo Meluap, 80 Rumah di Desa Tanjang Kebanjiran

Foto: Desa Tanjang, Kecamatan Gabus mengalami banjir akibat luapan Sungai Silugonggo/Mitrapost.com/Umar Hanafi

Pati, Suryamedia.id – Sebanyak 80 rumah dan 157,5 hektare sawah di Desa Tanjang, Kecamatan Gabus mengalami banjir akibat luapan Sungai Silugonggo, Jumat (5/2/ 2021).

Kepala Desa Tanjang, Jomo, mengatakan ketinggian banjir di rumah warganya ini bervariasi. Mulai dari 10 cm hingga 40 cm.

Sehari sebelumnya, hanya sekitar 20-an rumah yang tergenang air. Namun, karena curah hujan yang tinggi dan dibukanya pintu air Waduk Wilanglung membuat banjir di desanya melebar ke rumah-rumah lainnya.

“Kemarin cuma 20 rumah, ini 80-an rumah. Ketinggiannya sampai 40 cm di rumah. Berpencar di berbagai RT/RW. Ndak hanya yang dekat kali tapi yang bagian selatan juga kena. Pokoknya yang lainnya rendah,” ujar Jomo saat ditemui di Balai Desa Tanjang, Jumat (5/2/ 2021) pagi.

Baca juga: Pemerintah Imbau Perayaan Imlek Secara Sederhana

Selain menggenangi 80 rumah, banjir juga menggenangi rumah ibadah, jalan raya dan persawahan. “Musala 1, terus beberapa jalan, sawah ada 157,5 hektare,” tuturnya.

Jomo mengungkapkan kebanyakan sawah yang tergenang banjir sudah berumur sekitar 1,5 bulanan. Ia memprediksi kerugian satu hektarenya mencapai Rp8 juta. Atau apabila dikalkulasi kerugian keseluruhan petani mencapai Rp1.260.000.000

Baca Juga :   Banjir Bandang di Brebes, Wagub Jateng Minta Perbaikan Tanggul

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini