Anti Mata Gaya, Pilih Preferensi Kacamata Sesuai Bentuk Wajahmu

Foto: Ilustrasi/pixabay

Suryamedia.id – Kacamata saat ini bukan sekedar alat bantu penglihatan saja. Kini banyak orang yang mengenakan kacamata hanya sebagai pelengkap aksesori. Tapi salah pilih bentuk frame atau bingkai kacamata bisi membuat mati gaya dan aneh.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan kacamata baik sebagai aksesori pun sebagai alat bantu penglihatan.

Agar kacamata nyaman dan pas dikenakan, kamu harus menyesuaikan frame yang dipilih sesuai dengan bentuk wajah. Tapi selain itu pemilihan warna juga cukup krusial, sebab warna sedikit banyak akan memunculkan karakter tertentu.

Baca juga: Tips Alami Atasi Jerawat Punggung

Nah biar nggak salah pilih coba cek tips di bawah ini dulu:

Bentuk wajah persegi

Wajah persegi biasanya memiliki ciri dahi lebar, garis rahang yang kuat, dan umumnya proporsional baik vertikal maupun horizontal.

Jenis wajah persegi cocok mengenakan variasi frame bulat. Akan lebih baik lagi jika kacamata lebih lebar dari tulang pipi. Serta gunakan warna gelap atau warna-warna bold sekalian.

Karena jenis wajah persegi memiliki kesan tegas, saran terbaik untuk memperhalus auranya adalah dengan memilih jenis frame dengan bentuk-bentuk geometris.

Bentuk oval

Wajah berbentuk oval atau bulat telur memiliki ciri lengkung garis rahang yang lembut, bentuk yang sedikit runcing di dagu, serta tulang pipi tinggi.

Pemilik wajah oval tak perlu repot memikirkan jenis frame kacamata sebab semua jenisnya cocok. Tak ada masalah menggunakan bingkai persegi, bulat, bahkan cat eye.

Tapi pemilik wajah oval perlu menghindari ukuran oversized karena akan merusak dan menenggelamkan bentuk wajah.

Baca juga: Serba Serbi Lidah Buaya Merawat Jerawat

Wajah bulat

Pemilik wajah bulat biasanya identik dengan pipi chubby, dahi luas dan dagu bulat. Nah untuk menghindari tampilan menjadi semakin bulat maka jangan pernah sekali-kali menggunkan jenis bingkai yang bulat juga. Serta hindari bentuk frame oversized ya.

Gunakan jenis bingkai yang memiliki sudut, baik persegi atau jenis-jenis lainnya yang memiliki sudut.

Wajah berlian

Wajah berlian biasanya punya dahi sempit dengan garis rahang yang tajam. Bentuk kacamata terbaik bagi pemilik wajah berlian adalah bentuk oval tanpa bingkai (rimless). Atau kacamata dengan detail bingkai tebal di bagian atas, misalnya model Clubmaster.

Nah yang perlu dihindari pemilik bentuk wajah diamond adalang bingkai sempit dan tipis.

Baca juga: Karang Gigi Menganggu? Gunakan Cara Alami Ini

Wajah bentuk hati

Wajah bentuk hati seperti Ratu Merah dalam film Alice Wonderland ini punya ciri wajah dengan dahi lebar, dagu runcing dan tulang pipi tinggi.

Pemilik jenis wajah hati paling cocok menggunakan kacamata berbingkai tipis, berbentuk bulat atau oval, serta warna-warna terang dan ringan.

Serta hindari warna gelap, desain dengan bingkai tebal di bagian atas atau kacamata dengan elemen dekoratif. Minimalkan perhatian ke bagian atas wajah. (*)

Baca juga: Tips Pakai Parfum, Wangi Tahan Lama

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Tetep Fashionable Meski Pakai Kacamata, Curi Cheat Sheet-nya di sini‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here