Alasan Tubuh Merasa Lapar saat Bangun dari Tidur

Foto: Ilustrasi/shutterstock

Suryamedia.id – Makan di waktu yang tepat sangat disarankan oleh berbagai ahli kesehatan, tapi tidak semua orang memiliki jadwal ketat terhadap pola jam makan mereka. Bahkan ada sejumlah orang yang terbiasa makan menjelang larut malam menjelang tidur. Sayangnya meski makan larut malam justru membuat kita merasa sangat lapar ketika bangun tidur.

Kenapa makan menjelang tidur justru membuat tubuh merasa lapar?

Baca juga: Merawat Kulit Berminyak, Hindari 5 Bahan Ini

Keberadaan hipotalamus

Melansir laman Hello Sehat, nafsu makan dan rasa lapar itu diatur oleh hipotalamus yang berada di inti batang otak.

Sel-sel di daerah ini menanggapi kadar glukosa darah untuk impuls saraf yang timbul dari saluran pencernaan dan berbagai hormon, termasuk hormon ghrelin, leptin dan tiroid, serta berbagai rangsangan lain.

Fluktuasi hormon dan kadar glukosa darah mempengaruhi nafsu makan dengan cara yang dapat diprediksi. Sebagai contoh, tingkat glukosa darah yang turun atau tingkat ghrelin yang meningkat dapat merangsang rasa lapar, sementara tingkat kenaikan glukosa atau leptin menekan nafsu makan.

Baca Juga :   Wajib Hindari !, 10 Kebiasaan Buruk Yang Mengganggu Kesehatan

Saat kadar glukosa darah turun atau peningkatan hormon ghrelin akan menstimulasi rasa lapar; peningkatan kadar glukosa atau hormon leptin akan menekan nafsu makan.

Oleh sebab itu makan larut malam ternyata bisa memprovokasi perubahan fisiologis yang akan meningkatkan rasa lapar keesokan harinya.

Baca juga: Sering Memencet Jerawat? Kenali Efek Buruknya

Hormon insulin

Selain ada kontrol dari hipotalamus, hormon insulin juga bisa mempengaruhi selera makan. Insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh pankreas sebagai respon dari makanan yang dikonsumsi.

Insulin memberikan rangsangan pada sel-sel dalam hati, jaringan lemak dan otot untuk menyerap glukosa dan kemudian membakarnya untuk dijadikan energi bagi tubuh atau menyimpannya untuk cadangan energi tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini