Alasan Tubuh Merasa Lapar saat Bangun dari Tidur

Foto: Ilustrasi/shutterstock

Suryamedia.id – Makan di waktu yang tepat sangat disarankan oleh berbagai ahli kesehatan, tapi tidak semua orang memiliki jadwal ketat terhadap pola jam makan mereka. Bahkan ada sejumlah orang yang terbiasa makan menjelang larut malam menjelang tidur. Sayangnya meski makan larut malam justru membuat kita merasa sangat lapar ketika bangun tidur.

Kenapa makan menjelang tidur justru membuat tubuh merasa lapar?

Baca juga: Merawat Kulit Berminyak, Hindari 5 Bahan Ini

Keberadaan hipotalamus

Melansir laman Hello Sehat, nafsu makan dan rasa lapar itu diatur oleh hipotalamus yang berada di inti batang otak.

Sel-sel di daerah ini menanggapi kadar glukosa darah untuk impuls saraf yang timbul dari saluran pencernaan dan berbagai hormon, termasuk hormon ghrelin, leptin dan tiroid, serta berbagai rangsangan lain.

Fluktuasi hormon dan kadar glukosa darah mempengaruhi nafsu makan dengan cara yang dapat diprediksi. Sebagai contoh, tingkat glukosa darah yang turun atau tingkat ghrelin yang meningkat dapat merangsang rasa lapar, sementara tingkat kenaikan glukosa atau leptin menekan nafsu makan.

Baca Juga :   Cara Efektif Kempiskan Bintitan pada Mata

Saat kadar glukosa darah turun atau peningkatan hormon ghrelin akan menstimulasi rasa lapar; peningkatan kadar glukosa atau hormon leptin akan menekan nafsu makan.

Oleh sebab itu makan larut malam ternyata bisa memprovokasi perubahan fisiologis yang akan meningkatkan rasa lapar keesokan harinya.

Baca juga: Sering Memencet Jerawat? Kenali Efek Buruknya

Hormon insulin

Selain ada kontrol dari hipotalamus, hormon insulin juga bisa mempengaruhi selera makan. Insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh pankreas sebagai respon dari makanan yang dikonsumsi.

Insulin memberikan rangsangan pada sel-sel dalam hati, jaringan lemak dan otot untuk menyerap glukosa dan kemudian membakarnya untuk dijadikan energi bagi tubuh atau menyimpannya untuk cadangan energi tubuh.

Di saat insulin membuat kadar glukosa turun, pankreas dan kelenjar adrenal akan memproduksi hormon kontra-regulasi, seperti glukagon dan epinefrin.

Nah nafsu makan di otak distimulasi oleh kadar glukosa yang turun dan hormon kontra-regulasi yang akan membuat tubuh merasa lapar lagi. Dengan demikian, semakin banyak insulin pankreas yang dihasilkan oleh tubuh dalam merespon makanan yang dikonsumsi maka semakin besar potensi tubuh untuk merasa lapar lagi.

Baca Juga :   Kenali Gejala Darah Rendah, Berikut Cara Mengatasinya

Baca juga: Jenis Minuman Ini Bisa Cepat Redakan Efek Kepedasan

Tubuh tetap bekerja meski sedang tidur

Ketika makan menjelang tidur, apalagi jika makan makanan yang memiliki kandungan gula dan karbihidrat tinggi, tubuh akan memproduksi banyak hormon insulin dari pankreas. Setelah selesai diproduksi, insulin tersebut akan mendorong glukosa masuk ke dalam sel tubuh, dan proses ini akan terus berlanjut meskipun tubuh dalam keadaan tidur.

Saat dalam kondisi tidur, tubuh akan terus mengalami penurunan glukosa darah yang kemudian akan merangsang pelepasan hormon kontra-regulasi, sehingga menyebabkan stimulasi pada pusat nafsu makan.

Proses-proses tersebut membuat tubuh merasa sangat lapar saat bangun di pagi hari. Namun, kondisi itu bisa terhindar jika bangun di tengah malam lalu makan untuk menghilangkan rasa lapar yang tiba-tiba datang tersebut. (*)

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Batu

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Sudah Makan Malam tapi Kelaparan Saat Bangun Tidur, Kenapa?‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here