Sering Memencet Jerawat? Kenali Efek Buruknya

Foto: Ilustrasi memencet jerawat/ Pixabay/

Suryamedia.idJerawat yang berada di wajah memang membuat gemas, jika tidak disentuh atau dipencet rasanya kurang afdol. Maka dari itu, banyak orang yang suka menyentuh atau bahkan memcet jerawat tanpa mengetahui bahwa kebiasaan ini memberikan efek yang buruk. Karena jerawat yang di pencet, dapat berpotensi meradang dan menimbulkan luka di wajah.

Bukan semerta-merta menyentuh wajah bukan penyebab utama bermunculannya jerawat. Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, juga tidak dianjurkan. Pasalnya jerawat timbul karena penyumbatan pori pori kulit wajah oleh sel kuit mati, minyak dan bakteri.

Namun, Bukan Berarti Kamu Boleh Menyentuh Wajah Sembarangan. Usahakan untuk menyentuh wajah dalam keadaan tangan bersih. Bagaimana dengan jerawat? Sudah disebutkan bahwa menyentuh jerawat dengan tangan tidak dianjurkan. Alasannya karena kebiasaan ini berpotensi menyebabkan peradangan dan merusak kulit. Apalagi kalau kamu sampai memencet jerawat agar cepat matang.

Lebih baik tunggu jerawat matang dengan sendirinya, lalu keluarkan nanah dan bersihkan dengan toner. Hal ini jauh lebih baik ketimbang memperparah kondisi kulit kamu. Lagipula, tangan banyak mengandung bakteri yang jika disentuhkan ke wajah bisa masuk ke dalam tubuh melalui lesi kulit.

Baca Juga :   Anti Mata Gaya, Pilih Preferensi Kacamata Sesuai Bentuk Wajahmu

Efek menyentuh jerawat

  • Timbul bekas jerawat

Timbulnya bekas jerawat yang berwarna lebih gelap dibanding kulit asli. Kulit menjadi trauma bahkan lecet saat kamu menyentuh dan memencet jerawat secara paksa. Trauma ini menimbulkan noda kehitaman yang memerlukan waktu lama untuk sembuh.

  • Jerawat iritasi 

Setelah dipencet, jerawat memang terkesan kempis. Tapi setelahnya, jerawat akan muncul kembali yang disertai kemerahan tanda iritasi. Kamu nggak bisa anggap ini sepele karena tak jarang, iritasi pada jerawat menyebabkan luka, kulit terasa gatal, kemerahan, dan rasa perih pada area jerawat.

  • Infeksi

Bakteri pada tangan bisa masuk lebih dalam ke kulit saat kamu menyentuh jerawat dengan tangan kotor. Masuknya bakteri ini memicu infeksi karena pori-pori kulit yang tersumbat membuat area sekitar jerawat memerah dan meradang.

  • Breakout

Breakout atau jumlah jerawat semakin banyak. Kondisi ini bisa terjadi ketika kamu menyentuh jerawat terus-menerus. Karena bakteri dari jerawat yang kamu sentuh bisa menyebar ke area sekitar wajah dan memperburuk kondisi kulit kamu.

Baca Juga :   Cara Mudah Mengencangkan Lengan Menggelambir

Makanya sebisa mungkin, hindari kebiasaan menyentuh jerawat meski kamu gemas dengan benjolan kecil berwarna merah ini. Lebih baik tunggu hingga matang dengan sendirinya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here