6 Cara Mudah Atasi Tumit Pecah-Pecah

Foto: Ilustrasi tumit pecah-pecah/ Pixabay/

Suryamedia.id – Pada dasarnya telapak kaki tidak memiliki kelenjar keringat. Hal ini menyebabkan kulit kaki lebih rentan mengelupas dan kapalan. Masalah kulit yang sering terjadi pada banyak orang adalah pecah-pecah. Kondisi ini disebabkan oleh kulit kering yang mengelupas di atas tumit kaki.

Bila dibiarkan, kulit di sekitar kaki termasuk tumit akan menebal dan menjadi kering, atau bisa disebut sebagai kalus. Normalnya saat kamu berjalan, bantalan lemak normal yang mendasari kulit akan mendistribusikan tekanan secara merata. Namun, ketika  kulit terlalu kering dan tebal, tumit kaki akan menjadi terkelupas dan pecah-pecah.

Jika pecahannya dalam, akan menimbulkan rasa sakit saat berdiri. Bahkan, kulit kaki yang mengelupas juga bisa menyebabkan selulit. Agar hal ini tidak terjadi berlarut-larut, ada berbagai cara untuk mengobati kaki pecah-pecah.

  1. Gunakan pelembap dan kaus kaki

Salah satu cara mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah adalah memakai produk pelembap. Hal ini sudah seharusnya dilakukan sejak dulu untuk menghindari kulit kaki yang mengelupas.

Usahakan untuk mencari krim pelembap yang kental dan dengan kandungan seperti, shea butter, gel lidah buaya, atau petroleum jelly.  Kamu hanya perlu mengoleskan kaki dengan pelembap, setiap malam sebelum tidur.

Baca Juga :   Sering Memencet Jerawat? Kenali Efek Buruknya

Bila memungkinkan, cobalah bungkus dengan kaus kaki agar pelembap terserap semalaman. Selain itu, gunakan pelembap segera setelah mandi untuk hasil penyerapan yang terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here