Pemkot Semarang Ajak Rayakan Imlek dengan Streaming Film ‘Nasihat’

Foto: Ilustrasi perayaan imlek/Good News

Suryamedia.id – Tahun baru Imlek 2572 jatuh pada 12 Februari 2021 besok. Namun perayaan Imlek kali ini pemerintah telah mengimbau agar pelaksanaannya dilakukan secara sederhana tanpa mengurangi esensi ibadahnya.

Menyambut perayaan Imlek tersebut, pemerintah Kota Semarang mengajak warga Semarang dan Jawa Tengah untuk live streaming film pendek berjudul Nasihat.

Film tersebut secara garis besar menceritakan pentingnya arti sebuah nasihat serta merayakan Imlek dengan cara sederhana namun tanpa mengurangi sukacita.

Penayangan film Nasihat bakal tayang pada Jumat (12/2/ 2021) pukul 19.00 WIB melalui kanal YouTube Semarang Pemkot.

Baca juga: Masih Pandemi, Hendi Larang Perayaan Imlek 2021

Sebelumnya Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melarang seluruh perayaan Tahun Baru Imlek 2021. Termasuk perayaan Cap Go Meh dan atraksi barongsai.

“Tidak usah ya (atraksi barongsai dan kembang api) karena masih situasi pandemi,” ujar Hendi sapaan akrab Walkot, Selasa (2/2/ 2021).

Namun, Hendi tetap mengizinkan warga Tionghoa beribadah di Klenteng dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga :   Pemkot Semarang Pantau Peredaran Pangan di 6 Pasar Tradisional 

“Kalau doa di kelenteng boleh, tapi perayaannya mohon bisa di rumah masing-masing saja dengan keluarga,” pintanya.

Baca juga: Pemerintah Imbau Perayaan Imlek Secara Sederhana

Sementara itu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam kesempatan yang sama juga menyebut bahwa pemerintah amat memahami makna penting peringatan tahun baru Imlek bagi umat Konghucu.

“Saya sudah berkomunikasi dengan tokoh-tokoh agama Konghucu dan Tionghoa agar dalam pelaksanaan Imlek tahun ini dilaksanakan secara sederhana, melalui virtual, dan saya kira itu juga tidak akan mengurangi makna dari perayaan Imlek ini,” ucapnya.

Perayaan Imlek 2572 yang bertepatan dengan 12 Februari 2021 juga dapat dijadikan sebuah momentum untuk melakukan refleksi diri sekaligus turut mendoakan agar bangsa Indonesia dapat segera terbebas dari pandemi Covid-19.

“Kita semua mengajak terutama kepada umat Konghucu yang akan merayakan ibadah Imlek agar berdoa supaya bangsa Indonesia ini dan umat manusia terbebas dari pandemi Covid-19,” tandas Yaqut. (*)

Baca juga: Rahasia Agar Kulit Tampak Awet Muda dan Sehat

Baca Juga :   Fenomena Ayam Kampus Kembali Marak di Semarang

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Tetap Rayakan Imlek, Pemkot Semarang Ajak Streaming Film ‘Nasihat’’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here