4 Keutamaan Puasa Rajab

Foto: Ilustrasi/ Pixabay/

Suryamedia.id – Bulan Rajab merupakan bulan ketujuh dalam penanggalan kalender Hijriah. Dikatakan dalam beberapa hadits, bulan Rajab memiliki keutamaan luar biasa. Oleh sebab itu, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan amal ibadah di waktu tersebut, salah satunya adalah puasa Rajab.

Salah satu keutamaan puasa Rajab adalah Allah SWT akan mengabulkan permintaan hamba-Nya. Kemudian apabila puasa Rajab dilakukan selama 10 hari berturut-turut, maka dosa-dosanya akan digantikan dengan kebaikan oleh Allah SWT. Keutamaan ini dengan jelas tertuang dalam hadist yang berbunyi:

Ibnu Abbas R.A. berkata, “ Puasa di awal bulan Rajab dapat menghapus dosa (kafarat) selama 3 tahun, di hari kedua menjadi kafarat selama 2 tahun, dihari ketiga menjadi kafarat selama 1 tahun, kemudian di setiap hari sesudah itu menjadi kafarat selama 1 bulan.” (HR. Abu Muhammad Al-Khalali, dimuat dalam kitab Jami’Ush-Shaghir).

Keutamaan Puasa Rajab

1. Diberi Minum Sungai Rajab

إِنَّ فِي الْجَنَّةِ نَهْرًا يُقَالُ لَهُ رَجَبَ مَاؤُهُ أَبْيَضُ مِنَ اللَّبَنِ وَأَحْلَى مِنَ الْعَسَلِ. مَنْ صَامَ يَوْمًا مِنْ رَجَبَ سَقَاهُ اللهُ مِنْ ذَلِكَ النَّهْر

Baca Juga :   Dua Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Berdoa

Artinya: Sesungguhnya di dalam surga terdapat sungai yang diberinama Rajab. (Warna) airnya lebih putih daripada susu dan (rasanya) lebih manis daripada madu. Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka Allah akan memberinya minum dari sungai tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here