Hangatkan Tubuh saat Hujan dengan Minuman Rempah

Foto: ilustrasi/shutterstock

Suryamedia.id – Musim hujan datang lengkap dengan hawa dingin. Saat kondisi dingin secara insting manusia akan mencari cara agar tubuh tetap hangat. Entah itu dengan memakai baju tebal, mengenakan kaos kaki dan bergelung di bawah selimut. Akan tetapi cara terbaik melawan cuaca yang sedang dingin-dinginnya adalah dengan menghangatkan tubuh dari dalam.

Salah satu cara menaikkan suhu tubuh saat cuaca dingin adalah dengan minuman panas atau hangat. Membuat minuman hangat dari bahan rempah-rempah tradisional dipercaya mampu meningkatkan dan menjaga suhu tubuh saat suhu udara sedang dingin.

Baca juga: Tak Takut Minum Kopi, Berikut Tips Sehat Menikmatinya

Wedang jahe

Jahe terkenal sebagai rempah yang bisa menghangatkan tubuh. Selain menjadi salah satu bumbu masak, jahe juga sering digunakan sebagai bahan obat tradisional.

Cara membuat wedang pun cukup sederhana. Cukup dengan bersihkan kulit jahe yang masih segar lalu parut lalu campur dengan air panas dan tambahkan gula atau madu secukupnya sesuai selera.

Bandrek

Minuman asal Sunda yang terbuat dari sejumlah rempah tradisional ini menjadi andalan untuk menghangatkan tubuh.

Baca Juga :   Bahaya Konsumsi Minuman Manis untuk Kesehatan

Bandrek dibuat dari rempah seperti jahe, serai, daun pandan dan kayu manis dengan ditambah rasa manis dari gula merah dan gula pasir.

Cara membuat bandrek juga cukup sederhana yaitu dengan mencampurkan rempah-rempah tersebut ke dalam air mendidih. Lalu disaring sebelum disajikan ke dalam gelas.

Untuk menambah citarasa bandrek bisa ditambah dengan irisan daging kelapa serta susu kental manis.

Baca juga: Jenis Minuman Ini Bisa Cepat Redakan Efek Kepedasan

Kopi kapulaga

Rempah kapulaga tentu sudah tidak asing lagi di Indonesia. Sebagai bahan bumbu dapur, kapulaga juga bisa digunakan untuk membuat minuman yang bisa menghangatkan tubuh.

Untuk membuat kopi kapulaga campur bahan-bahan yang terdiri dari kopi bubuk, kapulaga, kayu manis, ke dalam air lalu didihkan kemudian tambahkan susu. Untuk menambahkan rasa manis bisa menggunakan gula pasir, gula merah, atau gula batu.

Wedang bajigur

Wedang dari bahan rempah tradisional ini hampir sama dengan bandrek yang juga bisa menaikkan suhu tubuh.

Bajigur terbuat dari campuran santan, kopi bubuk, jahe, daun pandan, dan kayu manis. Serta gula pasir dan gula merah untuk membuat rasa manis.

Baca Juga :   8 Tips Menambah Berat Badan di Jamin Ampuh

Caranya dengan merebus air hingga mendidih, lalu campurkan jahe yang sudah digeprek, kopi bubuk, dan daun pandan. Kemudian masukkan gula pasir dan gula merah yang telah disisir. Kemudian campurkan santan kelapa sampai mendidih, lalu saring untuk disajikan ke dalam gelas. (*)

Baca juga: Alasan Tubuh Merasa Lapar saat Bangun dari Tidur

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Minuman Rempah Ini Cocok Dinikmati Saat Cuaca Sedang Dingin-Dinginnya‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here