Apa Sih Maksud Satuan Harga ‘K’ pada Harga Barang?

Foto: ilustrasi/estehindonesia.com

Suryamedia.id – Tak jarang saat berbelanja kita menemukan daftar harga produk ditulis dengan 1K, 2K dan seterusnya. Bagi yang tidak tahu hal itu tentu membingungkan sebab dianggap tak umum tapi sebenarnya penulisan ‘K’ dibelakang angka tersebut sudah digunakan sejak 1975. Lalu apa maksud dari ‘K’ tersebut?

Sederhananya, huruf K di belakang harga itu merupakan satuan kilo yang merupakan unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d’unités).

Seperti pada kilometer dalam satuan jarak dan kilogram dalam satuan berat, kilo memiliki nilai ribu. Yakni 1.000 meter atau 1.000 gram, sehingga 1K dalam daftar harga produk sama dengan 1.000.

Baca juga: Cara Migrasi Data Chat WA ke Telegram

Melansir Uangindonesia, huruf ‘K’ yang berarti ribu berasal dari bahasa Yunani yang ditulis “χίλιοι” dan dibaca “cilia” /“Chilo”. Istilah ini pertama kali diadaptasi oleh grup riset Antoine Lavoisier pada tahun 1975 kemudian diperkenalkan oleh sistem metrik perancis pada tahun 1979.

Hingga kini sistem penghitungan tersebut mulai banyak diadopsi penggunaannya tidak hanya pada harga barang tetapi juga jumlah pengikut akun media sosial hingga satuan dalam teknologi.

Baca Juga :   10 Tips Menghilangkan Rasa Malas Olahraga. Wajib di Coba !

Sebenarnya di Yunani sendiri kata Kilo sudah lama digunakan untuk penanggalan hitungan hari atau hitungan apapun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini