Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

Foto: Ilustrasi/ Pixabay/

Suryamedia.id Pandemi COVID-19 yang tengah melanda di seluruh dunia tentunya membawa beberapa perubahan terhadap kelangsungan hidup manusia sehari-hari. Pandemi ini mengakibatkan beberapa masalah bagi masyarakat mulai dari pendapatan pokok atau gaji yang terganggu atau berkurang, kehilangan pekerjaan karena PHK, dan juga masalah kesahatan yang menjadi msalah utama. Lonjakan kasus virus corona dianggap sebagai “peringatan”, kata direktur regional Organisasi Keseshatan Dunia (WHO).

Dampak-dampak dari virus ini menyebabkan berbagai masalah, bukan hanya pikiran saja, pandemi yang tak kunjung usai ini menimbulkan gangguan kesehatan mental. Misalnya, gangguan kecemasan, stres atau depresi. Apalagi kehilangan mata pencaharian untuk menunjang kehidupan yang akan datang membuat mental sesorang semakin lemah.

Olahraga secara rutin demi Kesehatan Mental 

Hal ini memiliki bermacam manfaat untuk tubuh dan kesehatan mental. Olahraga ini bisa dilakukan seperti melakukan lari kecil atau lompat ditempat, dan beberapa olahraga rinngan lainnya. Dengan melakukan aktivitas fisik menyebabkan tubuh memproduksi hormon endorfin yang dapat meredakan stres, mengurangi kecemasan dan memperbaiki suasana hati.

Baca Juga :   News Grafis : Hampir Seribu Warga Pati Meninggal Akibat Covid-19

Mengonsumsi makanan yang bergizi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat sangat bermanfaat. Kita bisa memperoleh makanan itu dari buah-buahan, sayuran, nasi, gandum, ikan laut, daging, kacang-kacangan dan susu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here