UKM Virtual Expo Bantu Dongkrak Penjualan Pengusaha Jateng

Foto; Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam pembukaan UKM Virtual Expo (UVO)/Humas Jateng

Semarang, Suryamedia.id – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuka ajang UKM Virtual Expo (UVO) untuk membantu para pelaku usaha kecil memasarkan produk di masa pandemi. UVO yang digelar pada 16-18 Februari ini dilakukan secara daring.

Salah satu pengusaha Carica asal Mojo Tengah, Miftahudin, mengatakan UVO dapat membantu penjualan yang sempat lesu di masa pandemi Covid-19.

Miftahudin mengungkapkan, sudah tiga kali mengikuti ajang UVO. Dua kali pada 2020, dan kini di 2021, ia berkesempatan menggelar lapak fisik di Lobby Gedung Bank Jateng di Semarang.

“Kalau kami kan usahanya bergantung sekali pada kunjungan wisata. Dengan adanya UVO ini agak mendongkrak penjualan kami, sekitar lima persen setelah kami ikut UVO tahun 2020,” ujarnya, Selasa (16/2/ 2021).

Baca juga: ‘Jateng di Rumah Saja’, Bupati Batang: Perlu Perhatikan Kondisi Lokal Warga

Sementara itu Novi Kurnia Setyawati, pengusaha abon asal Purbalingga, mengatakan melalui UVO mampu membantu mendongkrak penjualannya sampai 40 persen.

“Pada saat ikut UVO yang pertama, kita mengalami kenaikan penjualan sampai 40 persen. Di ajang itu kan dari web UVO di-link-kan ke nomor WA kita, jadi kita bisa berinteraksi. Pembelinya sebagian besar memang dari luar kota,” ungkapnya.

Baca Juga :   Masa Pandemi, Pelaku UMKM di Rembang Semakin Tinggi

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng Ema Rachmawati, menyebut ajang UVO 2021 akan digelar secara reguler, dua bulan sekali. Setiap sesi akan dibikin tema-tema tertentu.

“Sesi satu UVO 2021 fokus pada tema food and bevearage. Ada 150 UKM yang ikut serta, ditambah peserta tahun lalu, total jadi 325 UKM yang ikut. Jumlah yang produk yang dijual 3.420 jenis,” paparnya.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini