6 Cara Mudah Atasi Flek Hitam di Wajah

Foto: Ilustrasi/Womentalk/

Suryamedia.id – Flek hitam pada wajah adalah suatu kondisi yang wajar dan dapat terjadi di segala usia. Terutama pada musim panas dan orang berkulit putih, hal ini terjadi karena peningkatan produksi pigmen alami kulit.

Freckles atau sebutan lain dari flek hitam muncul karena peningkatan produksi melanin di kulit, terutama saat terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet. Melanin adalah pigmebn alami yang menetukan warna kulit seseorang. Semakin banyak kandungan melanin, maka semakin gelap warna kulit.

Baca juga: Tips Perawatan Kulit Kering

Flek hitam muncul saat kulit menyerap sinar ultraviolet, sehingga menyebabkan peningkatan produksi melanin. Flek hitam dapat dialami oleh semua orang di segala usia.

Dilansir dari alodokter.com terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya flek hitam, diantaranya:

  • Sering terpapar sinar matahari atau terpapar dalam waktu yang lama
  • Memiliki kulit putih atau cerah
  • Memiliki keluarga yang juga mengalami kondisi serupa (faktor genetik)

Pengobatan Flek Hitam

Flek hitam umumnya tidak berbahaya sehingga tidak memerlukan pengobatan. Bahkan, sebagian besar kondisi ini cenderung menghilang dengan sendirinya seiring pertambahan usia.

Namun, sebagian orang merasa kondisi ini mengganggu penampilan. Oleh karena itu, penanganan flek hitam bertujuan untuk menutupi, mencerahkan, dan menyamarkan bintik hitam atau perubahan warna kulit yang terjadi.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan riasan atau bahan alami untuk memutihkan wajah. Selain itu, jika flek hitam dirasa mengganggu, ada beberapa metode penanganan yang dapat dilakukan, yaitu:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here