Doa Agar Terhindar dari Hal Buruk

Foto: Ilustrasi/pixabay/Mohamed_hassan

Suryamedia.id – Pandemi Covid-19 sudah berlangsung setahun namun hingga kini pengendaliannya belum bisa efektif dan masif. Penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini bahkan kadang sulit terdeteksi. Oleh sebab itu dalam kondisi ini sebagai makhluk Allah dianjurkan untuk berdoa dan meminta perlindungan kepada Sang Pencipta.

Ada satu doa yang dapat diamalkan umat Islam untuk meminta perlindungan dari segala keburukan dunia.

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّئِ الأسْقَامِ

Allāhumma innī a‘ūdzu bika minal barashi, wal junūni, wal judzāmi, wa sayyi’il asqāmi.

Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit buruk.”

Nukilan doa tersebut merupakan bagian hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dengan sanad yang shahih.

Baca juga: Mimpi Buruk Ketika Tidur, Baca Doa Berikut Ini

Melansir NU Online, Abdul Muhsin Al-Abbad dalam Syarah Abu Dawud menafsirkan kata “sayyi’il asqam” atau penyakit-penyakit buruk dalam hadis ini sebagai ragam penyakit yang membuat buruk rupa dan bahaya pada manusia. Sedangkan M Syamsul Haqqil Azhim Abadi dalam Kitab Aunul Ma‘bud memahami “sayyi‘il asqam” sebagai wabah penyakit seperti tuberculosis, busung air, dan penyakit lain.

Baca Juga :   Waktu Mustajab Berdoa di Hari Jumat

Sementara Syekh Abdur Rauf Al-Munawi dalam At-Taysir syarah Al-Jami’is Shaghir mengatakan, Rasulullah berlindung dari segala penyakit tersebut sebagai bentuk pernyataan kefaqiran kepada Allah atau pengajaran bagi umatnya. Sedangkan tiga penyakit pertama yang disebut (lepra, gila, dan kusta) adalah termasuk penyakit buruk. Tetapi ketiganya tetap disebut karena tiga penyakit itu paling dibenci oleh bangsa Arab.

Jika melihat kondisi pendemi saat ini berlindung kepada Allah sangat dianjurkan selain juga mengikuti petunjuk yang diarahkan oleh pemerintah yakni dengan mematuhi protokol kesehatan. (*)

Baca juga: Lewat Tempat Angker, Baca Doa Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here