Vaksinasi Tahap Dua di Pati Dimulai Pekan Depan 

Foto: Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di Kabupaten Pati/Suryamedia.id

Pati, Suryamedia.id – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Kabid P2 Dinkes) Kabupaten Pati dr. Joko Leksono W mengungkapkan vaksinasi gelombang pertama tahap II akan dilaksanakan pada awal pekan depan.

Joko mengatakan vaksinasi kali ini akan menyasar para petugas pelayan publik dan pedagang pasar di seluruh Kabupaten Pati setelah vaksinasi gelombang satu tahap pertama menyasar 6.500 tenaga kesehatan (nakes).

“Gelombang pertama ini tahap I untuk nakes. Kemudian gelombang I tahap II itu untuk pelayan publik. Pelayanan itu sangat luas, paling cepat hari Senin, 22 Februari (vaksinasinya),” ujar Joko di Pati, Jumat (19/2/2021).

Saat ini tim gugus tengah melakukan pendataan lantaran banyaknya pelayan publik yang akan mengikuti pemberian Vaksin Sinovac. Semua petugas pelayan publik ini berasal dari pemerintah maupun pelayan publik dari swasta seperti perbankkan maupun lainnya.

Baca juga: Perubahan Penerima Vaksin, Lansia dan Penyintas Covid-19 Bisa Divaksinasi

Semua organisasi perangkat daerah (OPD), yang terdiri dari 62 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) beserta seluruh karyawannya telah didat. Termasuk kepolisian maupun anggota TNI.

“Selain OPD itu, (ada) pegawai perbankkan yang banyak. Baik dari perbankkan swasta, maupun (perbankan) milik pemerintah. Banyak banget. Itu sudah berlanjut,” lanjut Joko.

Pihaknya juga telah berkomunikasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pati maupun Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati untuk melakukan pendataan pedagang pasar yang akan divaksinasi.

Pedagang pasar juga dijadikan prioritas pertama mengingat mereka selalu berkontak erat dengan masyarakat.

“(Pendataan) pedagang ini lewat dinas (yang menangani) pasar, Dipserindag untuk pasar milik daerah, kalau pasar desa itu kan di bawah Dispermades. Kita sudah koordinasi, beberapa itu orangnya (pedagang),” jelas Joko.

Meskipun ia memastikan akan melakukan vaksinasi pada pekan depan, namun ia mengaku belum menerima vaksin produksi China ini.

“Vaksin tahap II jujur belum kami terima, tapi kemarin ada lisan dari Kepala Bidang P2 Dinas Kesehatan Provinsi bahwa paling cepat sabtu dan paling lambat hari minggu,” kata Joko.

Baca juga: Kasus Covid-19 Menurun Selama PPKM, Jateng Kini Zona Oranye

“Kenapa begitu, karena senin mau digunakan Dan itu biasanya dropping cepat kok. Sesuai pengawalan kepolisian juga dan kita kerjasama,” tandas Joko.

Hingga kemarin, pihaknya telah mengantongi sebanyak 22.500 pelayan publik yang akan melakukan vaksinasi. Namun ia mengaku data tersebut belum final mengingat banyaknya pelayan publik yang ada di Kabupaten Pati. (*)

Baca juga: Nakes Penyintas Covid-19 di Jepara Tetap Divaksin

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Pelayan Publik dan Pedagang Pasar di Pati Bakal Divaksin Pekan Depan‘.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here