Alasan Ilmiah Makan Cokelat Bisa Mebuat Bahagia

Foto: Kue cokelat/pixabay/congerdesign

Suryamedia.id – Berbagai olahan cokelat sering kali ditemukan, mulai dari minuman, permen, es krim, hingga kue dan camilan-camilan lainnya. Cokelat juga disukai semua orang dari berbagai usia, dari anak- anak sampai dewasa.

Namun tak hanya enak dikonsumsi, cokelat juga dipercaya mampu menurunkan stres dan membuat perasaan menjadi lebih baik.

dr Atika melalui laman Klik Dokter menyebutkan bahwa kandungan zat Feniletilamin (Phenylethylamine/PEA) mampu memberikan stimulan terhadap otak dan mengubah mood secara instan.

Senyawa PEA di dalam otak manusia melepaskan hormone endorphin, dopamine, dan serotonin yang memproduksi efek antidepresi serta menimbulkan rasa bahagia.

Baca juga: 5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak

Selain itu dr. Atika menyampaikan dalam sebuah penelitian, cokelat bahkan dikatakan memiliki kesamaan dengan beberapa obat yang digunakan untuk menimbulkan rasa senang, karena cokelat berkaitan dengan munculnya rasa kecanduan, euforia dalam waktu singkat, dan perubahan mood.

Meskipun mengonsumsi cokelat mampu membantu meredakan stress dan menimbulkan rasa senang namun konsumsi berlebihan juga tidak baik.

Baca Juga :   13 Cara Mudah Meningkatkan Imunitas Tubuh

Zat PEA yang menyerupai amphetamine dan asam amino tiramin merupakan zat psychoactive yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung sehingga menimbulkan mual dan sakit kepala. Bahkan konsumsi yang berlebihan, bisa meningkatkan kecemasan dan emosi. (*)

Baca juga: 6 Cara Mudah Atasi Flek Hitam di Wajah

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Bukan Sekedar Mitos, Makan Cokelat Bisa Redakan Stres‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here