Khasiat Mengkudu, Tingkatkan Kesehatan Otak hingga Obati Diare

Foto: Ilustrasi/ Pixabay/braico/

Suryamedia.idMengkudu (Morinda Citrifolia) adalah tanaman yang tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 meter, tinggi buah mengkudu mencapai 3-8 meter. Manfaat dari buah mengkudu yaitu sebagai obat tradisional yang digunakan untuk berbagai macam penyakit.

Buah mengkudu memang tidak memiliki tampilan yang menarik. Tapi dibalik tampilan seperti itu buah mengkudu memiliki berbagai macam kandungan diantaranya asam lemak, vitamin C, vitamin A, vitamin B3, dan zat besi antidislipidemia, antioksidan, hepatoprotektor, analgetik, hipoglikemi, antiinflamasi dan kemopreventif kanker.

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan Kulit Wajah

Mengkudu memiliki beberapa manfaat bagi tubuh jika mengonsumsi buah tersebut secara rutin, manfaat tersebut diantaranya,

Meningkatkan Kesehatan Otak

Kerusakan sel otak salah satunya dipicu oleh stres yang bisa merusak neuron, kandungan antioksidan ini yang berfungsi menhindari hal ini terjadi.

Sebagai Anti Mikroba

Megkudu memiliki kandungan kopoletin dan antharaquinon yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah sebagai antijamur.

Baca juga: Khasiat Meniran, Anti Kanker hingga Meningkatkan Imun

Baca Juga :   Risiko Kesehatan di Balik Nikmatnya Konsumsi Jamur

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hal ini sudah tidak menjadi rahasia umum lagi karena mengkudu dipercaya secara ampuh mampu menurunkan tekanan darah. Buah ini mengandung zat skopoletin yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah.

Dengan meminum jus secara rutin selama satu bulan mampu mengatasi mengurangi tekanan darah secara signifikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here