Jaga Kesehatan Rambut, 5 Tips Keramas yang Tepat

Foto: Keramas/ Pixabay/DragonImages/

Suryamedia.id – Memiliki rambut yang sehat adalah impian bagi setiap orang, namun kamu juga harus tahu bagaimana cara keramas yang benar. Kebiasaan keramas yang diterapkan akan berpengaruh terhadap Kesehatan kulit kepala dan rambut keseluruhan.

Banyak orang yang keramas secara asal-asalan, padahal keramas merupakan bagian terpenting dalam menjaga Kesehatan rambut.  Dilansir dari alodokter.com, kesehatan rambut dapat lebih terjaga, coba terapkan cara keramas berikut.

Baca juga: Sejuta Manfaat Kulit Buah Naga

  1. Gunakan air dingin

Suhu air terbaik untuk keramas adalah yang dingin. Keramas menggunakan air panas harus dihindari karena bisa membuat  rambut menjadi kering, kusut, dan rusak. Jika tidak menyukai keramas dengan air dingin, kamu dapat menggunakan air yang agak hangat.

  1. Gunakan sampo sesuai dengan jenis rambut

Pastikan menggunakan sampo sesuai dengan jenis kulit. Apabila rambut jenis berminyak, disarankan untuk memilih sampo yang mengandung asam salisiliat. Sedangkan bagi pemiik rambut kering dan rusak, sebaiknya pilih sampo yang mengandung dimethicone dan cyclomethicone.

Baca juga: Cara Alami Dapatkan Kulit Sehat Awet Muda

  1. Pijat sampo di kulit kepala atau akar rambut

Kesalahan yang kerap dilakukan ketika keramas adalah menggosok sampo pada rambut hingga busanya keluar. Hal ini karena sampo idealnya digunakan untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran, minyak, dan sisa-sisa produk rambut.

Baca Juga :   5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak

Jika Anda mengoleskan sampo ke seluruh rambut, dikhawatirkan rambut akan menjadi kering dan rusak. Caranya dengan menuangkan sampo secukupnya ke kulit kepala atau akar rambut, lalu pijat secara lembut hingga menghasilkan busa.

Baca juga: 5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here