Jurus Redakan Rasa Mual Akibat Makanan Berlemak

Foto: Ramen soup/Pixabay/sharonang

Suryamedia.id – Tak sedikit dari kita yang suka mengonsumsi makanan berlemak atau makanan yang mengandung banyak minyak, seperti gorengan, gulai dan ayam goreng. Kadang mengonsumi makanan berlemak dan berminyak bisa menimbulkan rasa mual.

Menurut dr. Nadia nurotul Fuadah melalui laman Alo Dokter menjelaskan bahwa konsumsi makanan berlemak dan berminyak menyebabkan hiperaktifitas sel-sel parietal yang berada di dinding mukosa lambung sehingga akan diproduksi asam lambung yang berlebihan.

Saat makanan berlemak dan berminyak masuk ke dalam tubuh, perut akan mengirimkan sinyal ke otak untuk memperlambat pengosongan lambung untuk mencegah jumlah kelebihan lemak dari dan yang dilepaskan ke dalam aliran darah pada saat yang bersamaan.

Baca juga: Waspada Bahaya Tato Bagi Kesehatan

Lebih lanjut, melansir Hello Sehat, lemak pada makanan berminyak akan dicerna lebih lambat karena mereka harus dipecah dahulu menjadi partikel yang lebih kecil sebelum mereka dapat memasuki usus kecil.

Akibatnya butuh waktu lebih lama bagi lemak untuk bisa dicerna, dan akhirnya akan mengendap sekian lama dan menyebabkan penumpukan di perut serta gangguan pencernaan lainnya. Efek jangka pendeknya tak jarang akan merasakan mual dan berakhir muntah.

Baca Juga :   Ketahui Efek Minum Kopi Tanpa Gula Vs Pakai Gula dari Segi Kesehatan

Baca juga: Jaga Kesehatan Rambut, 5 Tips Keramas yang Tepat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini