Kasus Aktif Covid-19 Menurun, Rembang Zona Kuning

Foto: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, Ali Syofi’i/Suryamedia.id

Rembang, Suryamedia.id – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, Ali Syofi’i mengatakan scoring zonasi di Rembang sudah masuk zona risiko rendah dengan kasus aktif Covid-19 terus mengalami penurunan di beberapa titik.

“Kita lihat awal PPKM awal Januari kasus covid kita diangka sekitar 22 persen, kemudian PPKM ke-2 kasusnya turun lagi menjadi 3,8 persen, sepanjang pelaksanaan PPKM Mikro 2 minggu ini turun lagi jadi 2,8 persen,” terang Ali, Rabu (24/2/2021).

Ia mengklaim pelaksanaan PPKM sejauh ini cukup efektif menekan angka penyebaran Covid-19 di Rembang. Hal ini membuatnya optimis perpanjangan PPKM mikro sampai 8 Maret 2021 bisa lebih maksimal menurunkan angka kasus Covid-19.

Baca juga: Berdampak Positif, Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro

Salah satu warga Rembang, Sarman Wibowo, mengaku cemas jika kasus Covid-19 di Rembang mencapai angka tinggi. Sebab pihaknya yang berusia lebih dari 60 tahun menjadi kelompok masyarakat yang rentan terpapar Covid-19. Sedangkan kasus yang berangsur menurun membuatnya lebih tenang.

“Saya juga ikut khawatir ya, yang namanya covid sempat tinggi di Rembang. Ya karena usia saya juga sudah kepala 6 jadi kalau berkumpul ketemu banyak orang saya selalu menjaga jarak. Ini alhamdulillah Rembang sudah zona kuning, lebih tenang saya,”ungkapnya.

Oleh sebab itu ia mengajak masyarakat terutama anak muda agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab meskipun imunitas kuat tapi harus dipikirkan keluarga yang ada di rumah. Sedangkan di lapangan rata-rata anak muda ini yang masih banyak menyepelekan protokol kesehatan.

Saat ini berdasarkan data akumulatif, Rembang masih memiliki 3.104 kasus Covid-19 dengan rincian angka kesembuhan sebanyak 2.735 dan angka meninggal 291 kasus. Sedangkan kasus yang masih aktif ada 78 per 24 Februari 2021. (*)

Baca juga: Hasil Laut Rembang Lesu di Masa Pandemi

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Rembang Sudah Zona Kuning dengan 78 Kasus Aktif‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here