Selain untuk Lalapan, Petai Ternyata Bagus untuk Kesehatan

Foto: Petai/Freepik

Suryamedia.id – Petai, lalapan jenis polong-polongan ini menjadi primadona tersendiri bagi mereka yang menyukainya. Pasalnya sejumlah orang tidak suka makan petai karena baunya yang khas.

Biji petai selain sering menjadi sayur pelengkap makanan juga kerap digunakan sebagai obat herbal tradisional karena diketahui bisa mengatasi sejumlah penyakit.

Melansir Alo Dokter, sayuran yang memiliki nama latin Parkia speciosa memiliki kandungan 90-150 kalori. Serta mengandung protein, karbohidrat, serta, lemak, mineral (kalsium, mangan, kalium, zat besi, fosfor, zinc, magnesium, dan tembaga), serta vitamin C, B1, dan E.

Selain itu petai juga kaya kandungan antooksidan seperti polifenol, flavonoid, tanin, dan superoxide dismutase (SOD).

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Banyaknya nutrisi yang ada dalam petai membarikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi.

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat, antioksidan, serta kalium dalam petai dianggap baik untuk kesehatan jantung. Kalium yang merupakan elektrolit serta mineral diketahui dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Sedangkan serat dan antioksidan dapat membantu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung.

Baca Juga :   Mengenal Tumor Testis yang Menyerang Striker Borussia Dortmund

Mengontrol gula darah

Kadar gula darah dapat dikontrol dengan mengonsumsi petai. Hal ini karena kandungan antioksidan serta zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol yang dapat menjaga agar gulla darah tidak melonjak.

Baca juga: Jaga Kesehatan Rambut, 5 Tips Keramas yang Tepat

Mengatasi infeksi

Meski belum ada kesimpulan yang menyimpulkan bahwa petai terbukti efektif dan aman untuk mengatasi infeksi namun dalam sejumlah studi di laboratorium menyebutkan ekstrak petai dapat membasmi kuman dan jamur penyebab infeksi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini