Tips Mencegah dan Mengatasi Mata Lelah

Foto: Mata lelah/ Pixabay/ fizkes/

Suryamedia.id – Keseringan melihat laptop atau gawai dalam waktu yang lama dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Mata lelah adalah kondisi gangguan mata yang disebabkan oleh penggunaan mata dalam jangka waktu yang lama tanpa istirahat.

Mata lelah banyak disebabkan bebrapa faktor diantaranya, menyetir kendaraan dengan jarak tempuh yang jauh, terlalu lama membaca, melihat secara terus-menerus dalam ruangan minim cahaya, terpapar cahaya yang terlalu terang atau menyilaukan.

Baca juga: Tips Memilih Prodi dan Kampus Impian

Beberapa gejala yang dapat dikenali saat mata lelah antara lain, mata terasa nyeri, pedih atau gatal, mata berair atau terasa kering, pandangan kabur atau berbayang dan mata lebih sensitif terhadap cahaya. Gejala-gejala mata lelah juga bisa menyebar ke bagian tubuh lain, misalnya nyeri pada bahu, leher, punggung, dan sakit kepala

Cara Mencegah Mata Lelah

Dilansir dari alodokter.com, mata lelah sangat erat kaitannya dengan pekerjaan seseorang. Beberapa hal di bawah ini bisa dilakukan untuk mencegahnya.

  1. Atur pencahayaan dan posisi layar komputer

Mengatur pencahayaan layar komputer bisa dilakukan dengan bantuan filter. Saat beraktivitas dengan komputer, pastikan selalu menjaga jarak aman antara layar dan mata, yaitu sekitar 50-60 Agar jarak mata dan layar komputer ideal, maka gunakanlah kursi yang dapat diatur posisinya.

Baca juga: Tips Perawatan Kulit Kering

  1. Perhatikan pencahayaan ruangan

Usahakan agar pencahayaan ruangan tidak terlalu terang, sehingga tidak menyilaukan mata, termasuk mengatur arah pencahayaan. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan layar komputer agar pencahayaannya tetap ideal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here