Wajah Bersih Tanpa Bruntusan dengan Cara Ini

Foto: Ilustrasi bruntusan/doktersehat

Suryamedia.id – Masalah wajah yang sering dianggap mengganggu adalah munculnya bruntusan. Bitnik-bintik kecil yang menonjol di permukaan kulit ini membuat wajah terasa tidak rata saat diraba.

Kondisi bruntusan selain muncul di wajah juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya. Bruntusan yang muncul secara bergerombol, khususnya di bagian wajah, tentu sangat mengganggu penampilan.

Biasanya bruntusan muncul di bagian T-zone seperti dahi dan dagu. Selain itu, bruntusan juga bisa muncul di bagian punggung, leher, lengan, bahu, dan bahkan dada.

Penyebab bruntusan bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari komedo, iritasi wajah, dermatitis, milia, folikulitis (peradangan pada folikel rambut), keratosis seboroik, dan lain sebagainya.

Melansir Hello Sehat, perawatan kulit ini bisa dipraktikkan untuk menghilangkan bruntusan di wajah.

Baca juga: Stop Makan Gorengan! Ini Bahaya yang Bisa Terjadi

Membersihkan wajah

Membersihkan wajah adalah langkah awal untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Bersihkan wajah setidaknya dua kali sehari dengan sabun cuci muka yang cocok sesuai jenis kulit.

Baca Juga :   Per Oktober 2021, Semua Wilayah di Indonesia Tidak Ada Status Zona Merah

Jika terbiasa menggunakan make up, gunakan make up remover sebelum mencuci wajah dengan sabun agar sisa kosmetik bisa terangkat dengan lebih maksimal.

Menggunakan pelembap

Langkah kedua mencegah bruntusan adalah dengan mengaplikasikan pelembap. Jika diperlukan sebelum mengaplikasikan pelembap pada wajah, gunakanlah toner dan serum agar hasilnya lebih maksimal.

Sunscreen

Buat yang sering beraktivitas di luar ruangan, sunscreen wajib digunakan untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Gunakan sunscreen setelah mengaplikasikan pelembap dan pastikan gunakan sunscreen secara merata agar kulit tidak belang.

Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan prosedur menghilangkan sel-sel kulit mati. Eksfoliasi kulit dapat dilakukan secara berkala, tiap seminggu sekali, dengan menggunakan produk eksfoliasi yang tepat sesuai jenis kulit. (*)

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan Kulit Wajah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here