Doa Rasulullah untuk Meredam Amarah

Foto; ilutsrasi/pixabay/peterziegler

Suryamedia.id – Manusia menjadi makhluk dengan kompleksitas berbeda setiap individunya. Ia dibekali dengan emosi yang bisa menunjukkan perasaan senang, marah ataupun takut. Tentu saja emosi- emosi ini memiliki dampak negatif dan positif bagi individu, salah satunya emosi kemarahan.

Dalam perspektif agama Islam, emosi marah itu merupakan pemberian dari Allah yang harus ditahan dan dikendalikan. Larangan marah juga dijelaskan dalam berbagai ayat alquran dan hadis.

Dalam surat Ar-ra’ad ayat 28 dijelaskan agar umat Islam mengingat kepada Allah YME saat sedang marah.

“Ketahuilah bahwa hanya dengan mengingat Allah maka hati tentram.”

Baca juga: Doa Agar Terhindar dari Hal Buruk

Sementara dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Daud bahwa Allah akan memberikan balasan kebaikan bagi hambanya yang mampu mengendalikan amarah.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang menahan   kemarahannya   sedangkan   ia   mampu   untuk melakukannya maka Allah azza wa jalla akan menyeru dia di   hadapan   seluruh   manusia   pada   hari   kiamat   untuk dipilihkan baginya bidadari yang dikehendakinya.” (HR. Abu Daud)

Baca Juga :   Hadiah Doa untuk Orang yang Telah Meninggal

Dampak dari kemarahan sendiri tidak baik bagi diri sendiri. Dari segi kesehatan emosi kemarahan yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah, pernapasan semakin cepat dan suhu tubuh meningkat sehingga mengakibatkan tubuh cepat lelah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini