Kudapan Dingin Segarkan Dahaga Saat Cuaca Panas

Foto: ilustrasi asinan/Kompas.com

Suryamedia.id – Minuman atau makanan dingin memang paling cocok dinikmati saat cuaca lagi panas-panasnya. Pasalnya cuaca yang panas membuat tubuh membutuhkan cairan lebih banyak dan butuh untuk dihidrasi. Selain itu sensasi dingin menjadi kenikmatan tersendiri saat sedang gerah-gerahnya.

Minuman dengan es juga membantu menyejukkan tubuh karena suhu tubuh cenderung ikut meningkat saat cuaca sedang panas.

Baca juga: Jurus Redakan Rasa Mual Akibat Makanan Berlemak

Nah, berikut ini jenis minuman dan kudapan dengan sensasi dingin untuk menyegarkan hawa panas yang sedang dialami tubuh.

Rujak buah

Rujak dengan komposisi berbagai potongan buah dicampur dengan saus kacang atau kuah pindang khas Bali memberikan sensasi segar nan menyejukkan saat dikonsumsi pada cuaca yang panas. Selain itu rasa asam dari kuah pindang dan irisan buah yang memiliki rasa asam juga memberikan efek menyegarkan.

Ditambah rasa pedas dari cabai yang diuleg bersama gula merah dan sedikit campuran kacang membuat rasa segar pedas bergumul menjadi satu.

Sop buah

Masih seputar buah-buahan, minum sop buah juga menjadi surga dunia tersendiri jika dikonsumsi pada siang hari saat cuaca panas. Ditambah rasa manis susu dan segarnya buah membuat tubuh cepat terhidrasi

Baca juga: Selain untuk Lalapan, Petai Ternyata Bagus untuk Kesehatan

Asinan buah

Hampir serupa dengan rujak buah, asinan buah juga cukup menggoda sebagai kudapan menyegarkan saat cuaca panas.

Smoothie pop

Ganti es krim dengan cemilan menyegarkan, smoothie pop. Cukup bekukan jus buah atau smoothie yang sudah dituang ke dalam cetakan es loli. Ganti susu sapi di dalam smoothie dengan yogurt tawar, susu kedelai, santan, atau protein powder.

Keempat camilan diatas selain melegakan dahaga dan menyejukkan tubuh juga memiliki banyak vitamin karena terbuat dari buah-buah segar. (*)

Baca juga: Hangatkan Tubuh saat Hujan dengan Minuman Rempah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here