Sulit Tidur Malam? Ini Tips Mengatasi Insomnia

Foto: Ilustrasi insomnia/Pixabay/stefanamer/

Suryamedia.id – Sulit tidur pada malam hari dan merasa gelisah adalah salah satu ciri bahwa kamu mengalami insomnia. Terdapat beberapa cara agar kamu dapat mengatasi insomnia, agar tidur bisa lebih nyenyak dan berkualitas.

Insomnia adalah kondisi yang menyebabkan penderitanya sulit atau tidak bisa tidur sama sekali, meski memiliki kesempatan dan waktu yang cukup untuk istirahat. Insomnia yang terjadi sesekali bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun, bila telah berlangsung lama, kondisi tersebut tentu perlu diwaspadai.

Insomnia dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein atau alkohol sebelum tidur hingga masalah psikologis, seperti stres, depresi, dan gangguan cemas. Insomnia juga dapat dipicu oleh kondisi medis tertentu, seperti nyeri sendi dan efek samping obat-obatan.

Baca juga: Tak Sekadar Bersuci, Berikut Manfaat Wudu Bagi Kesehatan

Dilansir dari alodokter.com, terdapat beberapa tips dan cara untuk kamu yang sering mengalami insomnia, diantaranya:

  1. Luangkan waktu untuk relaksasi

Beberapa metode relaksasi sebelum tidur yang bisa kamu coba diantaranya melakukan yoga atau pilates. Dengan melakukan Gerakan tersebut, dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan.

Baca Juga :   Berbagai Kuliner Sate di Nusantara

Selain itu, beberapa aktivitas menenangkan, seperti membaca buku, mandi air hangat, dan mendengarkan musik dengan irama yang pelan juga dapat membuat Kamu tidur lebih nyenyak.

  1. Usahakan untuk terus berpikir positif

Bagi orang yang sering cemas atau khawatir berlebih, akan sering mengalami insomnia. Oleh sebab itu, berpikirlah positif agar pikiran menjadi tenang. Jika merasa kesulitan, berkonsultasilah ke psikolog atau psikiater, untuk menjalani konseling.

Baca juga: Sejuta Manfaat Kulit Buah Naga

  1. Konsumsi makanan sehat

Kamu sebaiknya menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi dan karbohidrat kompleks menjelang tidur. Hal ini dikarenakan jenis makanan tersebut dapat memperberat kerja sistem pencernaan, sehingga tubuh menjadi sulit beristirahat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here