Hindari Sifat Iri dan Dengki, Baca Doa Ini

Foto: Ilustrasi/ Pixabay/ipopba/

Suryamedia.id – Kebahagian dan ketentraman hidup adalah dambaan bagi setiap orang. Kebahagian dapat berupa rezeki yang melimpah, pekerjaan yang layak, jabatan yang tinggi, dan lain sebagainya.

Namun banyak manusia yang tidak puas dengan apa yang telah diberikan Allah kepadanya, ia senantiasa membanding-bandingkan apa yang dimilikinya dengan milik orang lain. Hingga kemudian muncullah sifat iri dalam dirinya, ia akan benci jika orang lain diberikan nikmat oleh Allah Swt.

Baca juga: Baca Doa Sambut Bulan Rajab

Sifat iri dan dengki harus dihindari karena dapat mengantarkan manusia kepada perkara-perkara buruk seperti mencaci, memaki, mencuri, bahkan membunuh. Rasulullah SAW bahkan menyatakan bahwa sifat iri/hasad dapat menghapuskan amal kebaikan. Imam Abu Daud dalam sunannya meriwayatkan

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِيَّاكُمْ وَالْحَسَدَ، فَإِنَّ الْحَسَدَ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تأكُلُ النَّارُ الْحَطَبَ

“Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda “Jauhilah sifat hasad ( iri/ dengki), karena sesungguhnya hasad dapat memakan kebaikan sebagaimana api memakan (membakar) kayu bakar (HR Abu Daud)”

Baca Juga :   Romantisasi Alam, Doa Saat Matahari Terbenam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini