Tips Merawat Lensa Kontak Agar Tetap Aman

Foto: Lensa kontak/ Pixabay/ Daniil Dubov/

Suryamedia.id – Lensa kontak dapat membantu kamu untuk melihat lebih jelas dan membuat mata menjadi lebih indah. Namun, penggunaan lensa kontak harus diimbangi dengan perawatan yang bersih sehingga menjaga Kesehatan mata.

Lensa kontak berfungsi sebagai pengganti kacamata, bentuk yang cenderung simpel. Hal ini membuat kebanyakan orang memilih menggunakan lensa kontak dibanding kacamata. Dalam menggunakan lensa kontak, kamu harus menjaga kebersihannya dengan baik, agar tidak menimbulkan masalah Kesehatan, seperti infeksi mata dan penyakit mata lainnya.

Baca juga: 5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak

Dilansir dari alodokter.com, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi mata dengan merawat lensa kontak:

  1. Jaga kebersihan lensa kontak

Cuci bersih dan keringkan tangan sebelum memasang atau melepas lensa kontak. Bagi yang suka berdandan, disarankan untuk mengenakan lensa kontak sebelum mengaplikasikan riasan mata.

Selain hal tersebut, Kamu juga disarankan untuk selalu melepaskan lensa kontak sebelum mandi atau berenang. Usahakan agar lensa kontak tidak terkena air.

Baca juga: Tips Perawatan Kulit Kering

  1. Lepas lensa kontak ketika tidur

Lepas lensa kontak ketika kamu hendak tidur. Jika Kamu tetap menggunakannya, jumlah oksigen yang masuk ke mata bisa menipis. Apabila hal ini terjadi, dapat berisiko tinggi untuk mengalami infeksi mata, peradangan, dan iritasi mata.

  1. Gunakan cairan pembersih khusus

Gunakan cairan pembersih khusus yang disarankan dokter atau apotek untuk membersihkan dan merendam lensa kontak. Jangan gunakan air atau cairan lainnya, karena air kolam atau air sulingan bisa mengandung organisme acanthamoeba yang dapat menyebabkan mata mengalami infeksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here