Belum Ada DAK, Jalan Raya Pati-Gabus Hanya Ditambal Sulam

Foto: Tambal sulam jalan raya Pati-Gabus/Suryamedia.id

Pati, Suryamedia.id – Ruas jalan Pati-Gabus hanya akan dilakukan perbaikan sementara atau tambal sulam di tahun 2021 ini. Padahal jalan penghubung Pati Kota dan Kecamatan Gabus ini mengalami kerusakan cukup parah di berbagai titik.

Kasi Peningkatan Jalan di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati Hasto Utomo beralasan pihaknya belum mendapat dana alokasi khusus (DAK) untuk pengecoran jalan raya tersebut.

“Untuk ruas jalan itu akan ditambal dulu. Hingga tahun depan. Menunggu DAK,” ujar Hasto saat dikonfirmasi, Kamis (4/3/2021) kemarin.

Tahun ini, pihaknya hanya mendapat DAK dari pusat untuk dua ruas jalan saja. “Dua ruas jalan itu Jaken-Jakenan Rp8 miliar. Kemudian ruas jalan Winong-Pucakwangi Rp7,5 miliar,” lanjutnya.

Baca juga: Usai Dilantik, Bupati Rembang Prioritaskan Perbaikan Jalan

Berdasarkan pemantauan, Kamis (4/3/2021) sekitar pukul, 13.45 WIB, Jalan Pati-Gabus sudah mulai dilakukan penambalan. Terlihat di sebelah selatan SPBU Ngantru beberapa pekerja melakukan pengaspalan.

Setidaknya ada empat petugas yang sedang melakukan finishing penambalan lubang. Mereka menyemprotkan semacam cairan hitam ke aspal itu. Dari keempat petugas itu, salah satunya ada yang mengimbau pengguna jalan. Salah satu diantaranya, melakukan penghalusan dengan kendaraan berat.

Hal ini membuat beberapa pengendara jalan merasa terganggu dengan aktivitas ini. Beberapa kendaraan roda terpaksa mlipir hingga ke pinggir jalan untuk menghindari ruas jalan yang tengah diperbaiki.

Meskipun demikian, mereka merasa senang dengan adanya perbaikan jalan ini. Hal tersebut diungkapkan Abdul, warga Pati selatan ini berharap jalan Gabus-Pati nyaman dilalui sehingga tidak menimbulkan kecelakaan.

Mugo-mugo aman mas. Ora rusak meneh,” tuturnya. (*)

Baca juga: Jalan Pamotan-Lasem Rusak, DPUTARU: Ada Beberapa Faktor Penyebabnya

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Jalan Pati-Gabus Hanya Ditambal-Sulam di Tahun Ini‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here