Waspada Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Minuman dan Makanan Manis saat Hamil

Foto: Ilustrasi/ Pixabay/ Lordn/

Suryamedia.id – Saat dalam kondisi hamil tentu mengalami hal ngidam, biasanya mengonsumsi minuman dan makanan manis tetap harus dibatasi. Pasalnya terlalu banyak mengonsumsi minuman dan makanan manis dapat membahayakan Kesehatan ibu dan janin.

Mengidam minuman dan makanan manis saat hamil sebenarnya adalah hal yang wajar. Apa yang bumil konsumsi akan berpengaruh terhadap kesehatan bumil dan janin, bahkan hingga jangka panjang. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi gula berlebih selama hamil bisa meningkatkan risiko terjadinya obesitas dan komplikasi kehamilan.

Dikutip dari alodokter.com, bahaya konsumsi minuman dan makanan manis secara berlebih ketika hamil ada beragam, di antaranya:

Baca juga: Manfaat Kawista, Menangkal Radikal Bebas hingga Turunkan Gula Darah

Obesitas

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi gula berlebih selama kehamilan dapat meningkatkan risiko obesitas. Jika terjadi obesitas saat hamil, bumil berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi kehamilan, seperti keguguran, diabetes gestasional, dan preeklampsia.

Bukan hanya itu, anak dari ibu yang obesitas selama hamil juga bahkan berisiko untuk mengalami cacat lahir, sulit dilahirkan karena berukuran besar, menderita asma, dan mengalami gangguan pertumbuhan.

Baca Juga :   5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak

Diabetes gestasional

Konsumsi gula berlebih selama hamil dapat meningkatkan risiko  diabetes gestasional.  Penyakit diabetes saat hamil ini tidak bisa disepelekan karena bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi, mulai dari preeklamsia, bayi lahir prematur, hingga bayi meninggal di dalam kandungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here