Berbagai Manfaat Teh Herbal untuk Kesehatan

Foto: Ilustrasi/ Pixabay/ Lordn/congerdesign/

Suryamedia.idTeh herbal adalah pilihan minuman  yang memiliki rasa dan aroma yang unik. Selain enak, teh herbal dipercaya sebagai minuman yang telah dikonsumsi sejak ratusan tahun lalu sebagai obat tradisional.

Teh herbal sebenarnya sama sekali tidak terbuat dari daun teh. Teh herbaladalah campuran rempah-rempah, bunga, daun, buah, atau akar tumbuhan yang dikeringkan. Meski begitu, rasa teh herbal juga tak kalah nikmat dengan teh biasa.

Dikutip dari alodokter.com, terdapat beberapa jenis teh herbal yang telah lama digunakan untuk menjaga Kesehatan, diantaranya:

Baca juga: Manfaat Kawista, Menangkal Radikal Bebas hingga Turunkan Gula Darah

  1. Teh adas

Secara tradisional, biji adas digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, seperti sakit perut, kembung, dan sembelit. Meski begitu, berbagai manfaat teh herbal adas tersebut masih membutuhkan studi lebih lanjut.

Untuk membuat teh adas, kamu bisa menyeduh 1-2 sendok teh biji adas yang sudah dihaluskan dengan satu gelas air hangat, diamkan selama 10-15 menit sebelum diminum.

  1. Teh ginseng

Gingseng yang banyak dikonsumsi di Korea kini juga popular dikonsumsi sebagai teh herbal. Teh herbal ginseng diduga dapat menurunkan tekanan darah, menjaga kelenturan pembuluh darah, serta menghambat terbentuknya gumpalan atau plak di pembuluh darah.

Baca Juga :   Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Baca juga: Sejuta Manfaat Kulit Buah Naga

  1. Teh jahe

Teh jahe kaya akan antioksidan yang membantu menstimulasi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Teh jahe juga dikenal efektif mengatasi mual, terutama mual karena mabuk perjalanan, morning sickness, atau efek samping pengobatan kanker.

Tak hanya itu, jahe pun diduga dapat meredakan sembelit dan nyeri haid, serta mencegah tukak lambung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here