Mencegah Kanker hingga Baik untuk Jantung, Berikut Manfaat Bawang Putih

Foto: Bawang putih/ Pixabay/ stevepb/

Suryamedia.idBawang putih digunakan untuk menambah rasa makanan, namun selain itu bawang putih juga memiliki khasiat untuk Kesehatan. Tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan medis.

Mengonsumsi banyak bawang putih, dapat menurunkan tekanan darah, tingkat kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta memperbaiki sirkulasi darah dan menjauhkan risiko penyakit jantung.

Dikutip dari alodokter.com, manfaat bawang putih untuk kesehatan memang belum terbukti 100 persen, sehingga masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam. Meski demikian, beberapa penelitian telah menemukan kemungkinan manfaat bawang putih diantaranya:

Baca juga: Manfaat Kawista, Menangkal Radikal Bebas hingga Turunkan Gula Darah

  1. Manfaat bawang putih untuk jantung

Salah satu manfaat bawang putih adalah baik untuk kesehatan jantung. Dari suatu penelitian, ditemukan data bahwa pemberian suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan untuk kesehatan jantung. Efek ini terlihat dari kemampuan bawang putih untuk menurunkan kolesterol, dan efek pengencer darah yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

  1. Manfaat bawang putih untuk kesehatan saluran cerna

Tak hanya baik untuk jantung, manfaat bawang putih lainnya adalah untuk kesehatan saluran cerna. Bawang putih mengandung zat allicin yang berfungsi sebagai antibiotik juga antijamur, dan antiparasit atau obat cacingan.

Baca Juga :   5 Bahan Skincare yang Bakal Diburu di Tahun 2021

Baca juga: 

  1. Manfaat bawang putih dalam mencegah kanker

Salah satu manfaat bawang putih yang sedang banyak diteliti adalah efeknya dalam melawan kanker. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih dapat menekan aktivitas sel kanker. Berdasarkan temuan tersebut, bawang putih memiliki potensi sebagai sumber antikanker.

  1. Manfaat bawang putih dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Ekstrak bawang putih diduga mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Beberapa temuan penelitian mengungkapkan bahwa bawang putih dapat melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot halus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here