Berikut Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi

Foto: Makanan sehat/ Pixabay/silviarita/

Suryamedia.id – Mengonsumsi makanan sehat sehari-hari dapat membuat tubuh menjadi sehat dan terhindar dari penyakit. Selain menjadi sumber energi, konsumsi makanan sehat juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit serius, mulai dari diabetes, hipertensi, penyakit jantung, obesitas, hingga kanker.

Konsumsi makanan sehat setiap hari sangat direkomendasikan untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Konsumsi makanan sehat dibarengi dengan olahraga rutin juga penting untuk mendukung diet sukses. Agar bisa berfungsi dengan baik, tubuh membutuhkan nutrisi dan energi yang diperoleh dari makanan.

Di dalam tubuh, makanan yang dikonsumsi akan mengalami proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Baca juga: Mencegah Kanker hingga Baik untuk Jantung, Berikut Manfaat Bawang Putih

Dikutip dari alodokter.com, terdapat beberapa pilihan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi antara lain adalah:

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi penting, seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalsium, zat besi, folat, dan kalium, yang sangat baik untuk kesehatan.

Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Pilihan sayuran hijau juga beragam, mulai dari sawi hijau, brokoli, kangkung, selada, hingga bayam. Sayuran hijau juga dapat diolah dengan berbagai macam cara, mulai dari direbus, ditumis, hingga dikukus.

  1. Buah-buahan

Selain sayur, buah juga sangat penting dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin. Beberapa buah yang populer karena kekayaan nutrisinya adalah: apel (serat, vitamin C, dan antioksidan), Jeruk (vitamin C), pisang(kalium), alpukat (lemak sehat, kalium, dan vitamin C), Beri-berian, seperti blueberry dan strawberry (rendah kalori namun kaya akan antioksidan dan serat).

Baca juga: Tak Sekadar Bersuci, Berikut Manfaat Wudu Bagi Kesehatan

  1. Daging dan telur

Daging merupakan salah satu makanan sehat karena kaya akan nutrisi, terlebih lagi daging sapi tanpa lemak. Daging jenis ini mengandung protein dan zat besi paling tinggi dibandingkan dengan daging jenis lainnya.

Di samping daging, telur juga termasuk ke dalam makanan sehat. Selain tinggi protein, telur juga mengandung nutrisi lengkap, mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh,  hingga zat antioksidan.

  1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan sehat yang sarat akan nutrisi berikutnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Contohnya adalah kacang tanah, kacang mete, kacang almond, chia seed, biji labu, dan biji wijen.

Baca juga: Jangan Tiru Gaya Setan Gara-gara Tali Sandal Lepas

Kacang-kacangan dan biji-bijian tersebut tidak hanya mengandung protein dan serat yang tinggi, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti magnesium dan vitamin E.

  1. Ikan dan makanan laut lainnya

Makanan laut merupakan pilihan makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here