Waspada Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh

Foto: Ilustrasi rokok/ Pixabay/ realworkhard/

Suryamedia.id – Bahaya merokok bagi Kesehatan tubuh memang tidak perlu diragukan lagi. Penyakit berbahaya lainnya pun banyak disebabkan karena kebiasaan buruk ini. Dampak buruk ini pun tak hanya mengintai pada sang perokok aktif, namun juga berdampak pada siapapun yang menghirup asapnya.

Di Indonesia ini diperkirakan terdapat 230.000 orang yang meninggal akibat kebiasaan buruk merokok pada setiap tahunnya. Bahaya merokok ditimbulkan dari berbagai kandungan yang terdapat di dalam sebatang rokok. Diperkirakan ada lebih dari 7.000 bahan kimia yang terdapat di dalamnya dan sekitar 70 di antaranya bisa menyebabkan kanker.

Kandungan zat kimia seperti, nikotin, karbon monoksida, tar, dan benzene yang terdapat dalam rokok sangat berbahaya bagi Kesehatan dan orang-orang di sekitar.

Baca juga: Waspada Bahaya Tato Bagi Kesehatan

Dikutip dari alodokter.com, terdapat beberapa bahaya merokok bagi kesehatan, di antaranya:

  1. Gangguan kardiovaskular

Orang yang sering merokok, baik merokok secara aktif atau hanya menghirup asap rokok dari orang sekitarnya, berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

Risiko ini bisa semakin meningkat pada perokok yang jarang berolahraga, kurang menjaga pola makan, dan sering stres.

  1. Kerusakan otak

Merokok dapat mengganggu perkembangan dan fungsi otak, baik pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit pada otak, seperti stroke, aneurisma otak, dan pikun atau demensia.

Baca juga: Kerusakan Mata Hingga Depresi Akibat Main HP 

  1. Penyakit mulut dan tenggorokan

Bau mulut, gigi bernoda, dan penyakit gusi merupakan efek yang kerap timbul akibat merokok. Tak hanya itu, merokok juga bisa menimbulkan masalah serius lain, seperti kanker pada mulut, bibir, lidah, dan tenggorokan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here