Angka Kematian Tinggi, Pemkab Pati Diimbau Lebih Serius Tangani Covid-19

Foto: Vaksinasi awak media Pati/ Mitrapost.com/

Pati, Suryamedia.id – Presentase angka kematian Coronavirus Disease atau Covid-19 di Kabupaten Pati menjadi yang tertinggi dari kabupaten/kota di seluruh Provinsi Jawa Tengah.

Tingginya presentase angka kematian ini juga selaras dengan rendahnya tracing Covid-19 di kabupaten yang berjuluk Bumi Mina Tani ini dibandingkan kabupaten/kota lain di Jawa Tengah.

Berdasarkan data yang dimiliki Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Tengah per 7 Maret 2021, presentase kematian Covid-19 di Jawa Tengah yang hanya mencapai 6,22 persen. Sedangkan presentase angka kematian Covid-19 di Kabupaten Pati mencapai 17,02 persen.

Bupati Pati, Haryanto mengakui presentase angka kematian Covid-19 di wilayahnya ini. Ia mengatakan hal ini terjadi lantaran beberapa faktor. Salah satunya, tracing yang dilakukan oleh pihaknya kurang maksimal.

“Tes swab PCR berkurang, bisa juga tes antigennya juga berkurang. Selain itu, juga kejenuhan,” ujar Haryanto dalam Rapat Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (8/3/2021) siang.

Menanggapi hal ini, anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Muntamah merasa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati kurang bersungguh-sungguh dalam menangani pandemi Covid-19.

Ia pun mendesak Pemkab Pati untuk serius dalam menanggulangi dan menangani pagebluk yang telah berjalan lebih dari satu tahun ini.

“Saya berharap Pemkab lebih bersungguh-sungguh dalam berupaya menurunkannya (pandemi Covid-19),” ujar Muntamah, Rabu (10/3/2021).

“Saya juga berharap Pemkab tetap selalu mensosialisasikan pentingnya menggunakan protokol kesehatan di saat masyarakat sedang jenuh dengan penggunakan prokes,” tandas politis asal Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Presentase Kematian Covid-19 Tinggi, Pemkab Pati Diminta Serius Hadapi Pandemi

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here