Manfaat Daun Kucai, Tingkatkan Daya Ingat hingga Cegah Osteoporosis

Foto: Daun kucai/ Pixabay/ Claudia Nass/

Suryamedia.id – Daun kucai memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh untuk kesehatan. Berkat beragam nutrisi yang melimpah di dalamnya, daun yang sekilas mirip dengan daun bawang ini bahkan sudah digunakan sebagai pengobatan herbal sejak ribuan tahun silam di Eropa.

Daun kucai merupakan salah satu sayuran yang berasal dari keluarga Allium, bersama dengan bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Biasanya daun kucai sering kita temui sebagai hiasan pada hidangan makanan atau tambahan dalam omelet, salad, sup, dan kimchi.

Meski biasanya dikonsumsi dalam jumlah kecil, daun kucai bisa meningkatkan cita rasa sekaligus menambah nilai nutrisi makanan. Manfaat daun kucai untuk kesehatan tak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Dalam 1 sendok makan daun kucai terkandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, kolin, folat, kalsium, kalium, dan fosfor.

Baca juga: Manfaat Kawista, Menangkal Radikal Bebas hingga Turunkan Gula Darah

Tak hanya itu, daun kucai juga diketahui mengandung flavonoid, glikosida, dan saponin, serta berbagai senyawa aktif lain yang memiliki sifat antiradang dan antikanker.

Baca Juga :   Jaga Kesehatan Rambut, 5 Tips Keramas yang Tepat

Dilansir dari alodokter.com, terdapat beberapa beberapa manfaat daun kucai yang bisa didapatkan, diantaranya:

  1. Meningkatkan daya ingat

Kandungan kolin dan folat pada daun kucai bermanfaat untuk menjaga daya ingat, serta mendukung perkembangan fungsi otak yang sehat. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar kolin dan folat yang rendah berisiko lebih tinggi terkena gangguan kognitif.

  1. Mencegah osteoporosis

Daun kucai memiliki kadar kalsium dan vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang dan sendi, serta mencegah terjadinya gangguan pada tulang, seperti osteoporosis.

Baca juga: Tak Sekadar Bersuci, Berikut Manfaat Wudu Bagi Kesehatan

  1. Menjaga kesehatan usus

Manfaat daun kucai yang juga tak kalah penting adalah menjaga kesehatan usus. Ekstrak daun kucai diketahui memiliki efek antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare dan disentri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here