Dari Skala Rumahan, Anas Kini Punya Kebun Budidaya Anggur

Foto: Muhammad Anas, warga asal Desa Japerejo Kecamatan Pamotan mulai menggeluti budidaya buah anggur/Suryamedia.id

Rembang, Suryamedia.id – Berawal dari hobi dan keresahan adanya impor buah, warga asal Desa Japerejo Kecamatan Pamotan mulai menggeluti budidaya buah anggur.

Adalah Muhammad Anas yang menikmati perkembangan budidaya anggur dari skala rumahan hingga kini menjadi kebun sendiri.

“Kita berawal dari hobi. Mulai menanam sedikit di rumah terus kita kasihkan bibit kepada masyarakat yang mau. Dulu saya sama adek saya dipandang sebelah mata. Tapi kita masih semangat,” jelas Anas saat ditemui, Rabu (17/3/ 2021).

Anas mengatakan mulai menanam anggur sejak empat tahun lalu dalam skala rumahan. Setelah berdiskusi dengan adiknya dia memutuskan untuk menekuni budidaya anggur. Karena ia melihat potensi anggur yang cukup menjanjikan, apalagi selama ini pasar anggur masih didominasi oleh impor.

“Kayaknya kedepan anggur ini sangat potensial. Kita punya fikiran kenapa sih harus impor anggur kalau kita bisa budidaya sendiri. Ternyata juga bisa,” jelas Anas.

Baca juga: Minat Pemuda Pati untuk Bertani Tak Sebanding Luasan Lahan

Tidak hanya luas tanah yang berkembang, jenis varietas anggur yang ditanamnya kini juga bervariasi. Dulu Anas hanya mendatangkan beberapa varian namun saat ini sudah ada sekitar 90 varian anggur yang mengisi kebunnya.

Baca Juga :   Rembang Geger Fenomena Tanah Bergerak di Bantaran Sungai Desa Landoh

“Cuma yang kita kembangkan itu yang gampang berbuah dan gampang perawatannya. Kita jual bibitnya juga gampang, cuma harganya itu standar,” imbuhnya.

Saat ini di kebunnya ada sekitar 600 pohon produktif yang berada diatas lahan kurang lebih seluas 2 hektare. Kalau musim panen per pohon bisa panen sampai 5 kilo, tergantung perawatannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini