Keutamaan Membaca Surat Al-Ikhlas

Foto: Ilustrasi/Detik

Suryamedia.com – Salah satu surat dalam Al-Quran yang cukup sering dilafalkan oleh umat Islam adalah surat Al-Ikhlas. Jumlah ayatnya yang hanya tiga serta bacaan yang pendek menjadikan surat ini sering dibaca dalam salat. Tak hanya itu, surat ke-112 dalam Al-Quran ini juga menjadi dzikir sehari-hari.

Melansir NU Online, Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Damai Al-Muhibbin Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, KH Mochammad Djamaluddin Ahmad menyebutkan bahwa bacaan dzikir surat Al-Ikhlas bahkan lebih utama dari sedekah emas, perang membunuh musuh, dan kita dibunuh musuh.

Surat Al-Ikhlas ini begitu dengan sejumlah kehebatannya jika umat Islam mampu beristiqomah melafalkan dzikirnya. Berikut ini keutamaan surat Al-Ikhlas seperti disebutkan dalam laman Umma.id

Baca juga: Merasa Dizalimi dan Teraniaya, Bacalah Doa Berikut

Setara dengan sepertiga Al-Quran

Pahala membaca surat Al-Ikhlas satu kali sama dengan membaca sepertiga isi Al-Quran. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad dalam hadis shahih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu.

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنَّها لَتَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ

“Demi (Allah) yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya surah al-Ikhlas sebanding (dengan) sepertiga al-Qur’an”.

Baca Juga :   Doa Agar Dimudahkan Mendapat Pekerjaan

Surat Al-Ikhlas ini begitu istimewa karena di dalamnya mengandung nama-nama Allah dan difat-sifat-Nya yang maha sempurna. Membaca surat Al-Ikhlas dengan seksama sama dengan mengagungkan dan memuliakan Allah.

Baca juga: Doa Minta Perlindungan Allah Saat Keluar Rumah

Mendapat cinta Allah

Dalam sebuah riwayat yang menceritakan tentang sahabat Nabi bernama Muawiyah bin Muawiyah  al-Laytsi disebutkan bahwa ia selalu membaca surat Al-Ikhlas ketika hendak melakukan sesuatu. KH Kiai Mochammad Djamaluddin Ahmad menceritakan ketika sahabat Muawiyah wafat, Nabi Muhammad SAW melihat ada 70 ribu malaikat yang ikut mendoakan. Sampai-sampai menutupi cahaya matahari dan terlihat redup.

Kisah tersebut mengajarkan kepada umat Islam tentang pentingnya amalan dizikir setiap hari. Bahwa kebaikan yang kita lakukan akan berbuah kebaikan pula.

Baca juga: Doa Rasulullah untuk Meredam Amarah

Menjadi pelindung

Surat Al-Ikhlas jika diikuti dengan membaca surat An-Nas dan Al-Falaq dapat menjadi tameng pelindung. Hal ini sebagaimana diajarkan Nabi Muhammad.

Melansir Islam Pos, hadis tentang keutamaan membaca surat Al-Ikhlas ini disebutkan dalam riwayat yang dituturkan Mu’adz bin Abdullah bin Khubaib dari bapaknya ia berkata:

Baca Juga :   Dawuh Kiai Husein tentang Kotoran Hati

“Pada malam hujan lagi gelap gulita kami keluar mencari Rasulullah SAW untuk salat bersama kami, lalu kami menemukannya. Beliau bersabda, “Apakah kalian telah shalat?” Namun sedikitpun aku tidak berkata-kata. Beliau bersabda, “Katakanlah.” Namun sedikit pun aku tidak berkata-kata. Beliau bersabda, “Katakanlah.” Namun sedikit pun aku tidak berkata-kata. Kemudian beliau bersabda, “Katakanlah.” Hingga aku berkata, “Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Katakanlah (bacalah surat) ‘qul huwallahu ahad dan qul a’udzu birabbinnaas dan qul a’udzu birabbil falaq’ ketika sore dan pagi sebanyak tiga kali, maka dengan ayat-ayat ini akan mencukupkanmu (menjagamu) dari segala keburukan.” (HR. Abu Daud no. 5082 dan An Nasai no. 5428. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan). (*)

Baca juga: Sakit Melanda, Baca Doa Berikut untuk Meminta Kesembuhan

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Dahsyatnya Membaca Surat Al-Ikhas‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here