Mengandung Karbohidrat Kompleks, Kacang Merah Baik untuk Diet

Foto: Ilustrasi/Shutterstock

Suryamedia.id – Kacang merah atau biasa dikenal sebagai red kidney bean dalam Bahasa Inggrisnya ini sudah cukup banyak dikenal. Selain digunakan sebagai bahan tambahan untuk masakan, kacang merah juga sering digunakan sebagai topping untuk makanan penutup atau dessert.

Kacang merah juga cukup digemari karena ia memiliki kandungan karbohidrat, protein, vitamin, hingga mineral yang baik untuk metabolisme tubuh.

Melansir Hello Sehat, mengonsumsi kacang merah dapat bermanfaat dalam melancarkan pencernaan pencernaan hingga baik untuk kesehatan jantung.

Baca juga: Berbagai Manfaat Teh Herbal untuk Kesehatan

Melancarkan pencernaan

Kacang merah yang juga dikenal dengan nama kacang jogo memiliki kandungan erat cukup tinggi, yakni 13 gram serat larut dan tak larut air per 100 gram kacang merah mentah.

Serat tak laarut yang paling banyak ditemukan dalam kulit kacang merah mampu mendorong makanan masuk ke dalam usus. Selain itu, serat pada kacang merah juga diketahui mampu membuang racun-racun yang tersisa dalam tubuh dan menjaga keasaman lambung.

Baca Juga :   Sering Begadang ? Ini Tips Menghilangkannya

Sedangkan serat larut yang banyak terkandung dalam daging kacang merah saat dikonsumsi akan bercampur bersama air dan mengikatnya menjadi lebih kental dan menetap di lambung untuk waktu yang cukup lama. Efeknya, perut tidak akan dibiarkan kosong dalam waktu lama dan meminimalisir mengalami maag.

Dengan kandungan tersebut kacang merah juga baik dijadikan sebagai menu untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Selain untuk Lalapan, Petai Ternyata Bagus untuk Kesehatan

Mencegah diabetes

Selain serat pada kacang merah yang baik untuk pencernaan, ternyata serta dan kandungan karbohidrat kompleks dalam kacang merah juga membantu menjaga glukosa tidak dilepas dalam darah terlalu cepat.

Karbohidrat kompleks tidak akan menghasilkan glukosa dalam darah secepat karbohidrat sederhana. Oleh sebab itu mengonsumsi kacang merah tidak memicu diabetes melonjak.

Tak hanya itu, kacang merah juga mampu mencegah resistensi insulin yang berisiko memperparah kadar gula darah bagi pengidap diabetes.

Baca juga: Khasiat Binahong, Baik bagi Jantung

Kesehatan jantung

Kacang merah bisa mengendalikan tekanan darah karena mengandung mineral yang tinggi seperti folat, kalsium, magnesium, dan kalium yang mampu menekan kadar homosistein dalam di dalam darah. Homosistein sendiri adalah salah satu zat pemicu penyakit jantung koroner.

Baca Juga :   Aktivitas yang Perlu Dihindari Usai Olahraga

Selain itu, kacang merah merupakan sumber protein yang bebas kolesterol dan rendah lemak. Yaitu terdapat 20 gram protein di setiap 100 gram kacang merah. Angka ini cukup memenuhi 40 persen kebutuhan protein harian. (*)

Baca juga: Lari Sore Bisa Jadi Pilihan Olahraga Saat Diet

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Kebaikan Kacang Merah untuk Pencernaan dan Jantung‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here