Walkot Surakarta Segera Izinkan Live Music Hingga Kompetisi Olahraga

Foto: Taman Sriwedari di Surakarta/Jejak Piknik

Surakarta, Suryamedia.id – Tren kasus Covid-19 yang mulai melandai membuat Pemerintah Kota Surakarta akan melonggarkan sejumlah peraturan.

Selain itu hasil evaluasi pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro juga menunjukkan sejumlah RT sudah masuk ke zona hijau, bahkan meningkat hingga 64 RT dari sebelumnya.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menyampaikan, pelonggaran peraturan tersebut untuk mempercepat  pemulihan ekonomi di wilayahnya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Beberapa aturan akan kita longgarkan. Seperti live musik kita perbolehkan, namun kontak dan interaksi fisik tidak boleh. Tidak ada ganti-gantian microphone, yang menyanyi ya hanya penyanyinya, pengunjung atau tamu tidak di perbolehkan menyanyi,” jelas Gibran dalam Rakor Satgas Covid-19 Kota Surakarta di Ruang Manganti Praja, Senin (22/3/ 2021) kemarin.

Baca juga: Berdampak Positif, Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro

Gibran menyampaikan, event olahraga yang bersifat kompetisi diperbolehkan, dengan catatan tanpa ada penonton.

Olahraga yang bersifat kompetisi di perbolehkan, tapi ya tanpa penonton. Jadi hanya yang bertanding saja. Misalnya kompetisi burung di pasar Depok, ya hanya peserta yang bisa masuk,” terangnya.

Baca Juga :   Ratusan Pelajar Terima Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Pemkot Semarang Gunakan Permata Hebat untuk Platform Wirausaha

Selain itu pihaknya akan mempertimbangkan pembukaan CFD di Kota Solo. Dengan catatan, khusus untuk olahraga masyarakat, dengan pengunjung yang dibatasi.

“Nanti kita coba buka CFD, khusus hanya untuk kegiatan olahraga masyarakat. Tapi lansia, ibu hamil, dan balita tidak diperkenankan sesuai dengan prokes yang ada. Nanti kita rapatkan dulu dengan kepala daerah yang lain, terkait pembukaan CFD ini,” tegas Gibran.

Saat ini pihaknya sedang menyiapkan petunjuk pelaksanaan kegiatan yang akan diatur dalam Surat Edaran Perpanjangan PPKM mulai 23 Maret hingga 5 April 2021. (*)

Baca juga: Uji Coba PTM di Jateng Dilakukan Secara Bertahap

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Kasus Covid-19 Melandai, Walkot Surakarta Longgarkan Kebijakan‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here