SMA Negeri 1 Jepara Siapkan Pelaksanaan Uji Coba PTM

Foto: SMA N 1 Jepara

Jepara, Suryamedia.id – SMA Negeri 1 Jepara menjadi salah satu dari empat institusi Pendidikan yang ditunjuk sebagai sekolah percontohan pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di Jawa Tengah.

Kepala SMA Negeri 1 Jepara Udik Agus Dwi Wahyudi menyampaikan pihaknya telah melakukan banyak persiapan untuk mendukung kebijakan tersebut. Mulai dari kesiapan sarana dan prasarana, hingga memberikan sosialisasi kepada siswa beserta orang tua.

“Termasuk petunjuk-petunjuk dan panduan seperti tanda jarak yang sudah mulai aus diperbaiki lagi,” kata dia.

Baca juga: Uji Coba PTM di Jateng Dilakukan Secara Bertahap

Pada tahap awal uji coba PTM ini, Udik menyebutkan, hanya diikuti oleh siswa kelas X. Namun tidak semuanya, hanya beberapa murid. Aktivitasnya pun bertahap dan terjadwal berdasarkan hasil dari evaluasi. Adapun kelas X di SMA Negeri 1 Jepara sebanyak 11 ruangan, dengan jumlah siswa 36 per kelasnya.

“Katakanlah sejumlah satu kelas dulu, setelah itu, nanti ditambah lagi. Jadi bertahap. Diutamakan kelas X, karena yang belum pernah masuk sekolah,” lanjutnya.

Penerapan aturan menggelar PTM akan dilaksanakan dengan ketat. Termasuk penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Baca juga: Uji Coba Sekolah Tatap Muka Dilakukan Terbatas 

Meski begitu, orang tua siswa punya hak penuh bila tidak mengizinkan anaknya belajar tatap muka. Untuk itu, pembelajaran secara daring tetap ada sebagai gantinya.

Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara Agus Tri Harjono mengatakan, uji coba PTM dengan adaptasi kebiasaan baru akan digelar 5 April mendatang. Selain SMA Negeri 1 Jepara, jenjang sederajat yang ditunjuk melaksanakannya, yakni SMK Negeri 1 Kalinyamatan, dan MAN 1 Jepara.

Sementara dari jenjang di bawahnya, baru diizinkan untuk tingkat SMP. Itu pun hanya satu sekolah pada tahap pertama ini.

“Permintaan Pak Gubernur minimal SMP ke atas. Karena, yang jadi wewenang kabupaten itu SMP, Pak Gub minta satu sekolah dulu,” ujar Agus. (*)

Baca juga: Seniman Jateng Dapat PR Uji Coba Prokes Manggung

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here