Bisa Tampung Jutaan Peserta, Telegram Punya Fitur Voice Chat

Foto: Tangkapan layar fitur voice chat di Telegram/Suryamedia.id

Suryamedia.id – Bagi para pengguna baru aplikasi perpesanan Telegram, ada fitur seru yang bisa dicoba dengan teman-teman dalam satu group chat atau channel. Fitur ini adalah limitless voice chats, yaitu obrolan suara yang mampu menampung hingga jutaan peserta.

Sebenarnya fitur ini bukan yang terbaru karena sudah diluncurkan pada Desember tahun lalu. Fitur ini tentu menjadi tawaran menarik bagi pengguna yang baru saja bermigrasi ke Telegram.

Fitur ini seperti milik Discord yang menawarkan live conversation antar pengguna dalam satu channel. Fitur ini tidak terbatas, karena bisa digunakan oleh admin grup pun grup terbuka.

Baca juga: Mengenal Clubhouse, Aplikasi Obrolan Audio

Cara memulai voice chat juga sangat mudah;

  • Buka grup yang ingin diaktifkan voice chat-nya
  • Klik pada nama grup untuk membuka profil
  • Lalu tekan tombol menu titik tiga [⋯] atau [⋮]
  • Kemudian mulai obrolan suara

Merekam voice chat

Tak hanya itu pengguna juga bisa merekam audio selama berlangsung serta meyimpannya. Hasil rekaman akan otomatis tersimpan di ‘Save Messages’.

Raise hand

Telegram tak tanggung-tanggung dalam menyediakan berbagai fiturnya. Dalam voice chat yang pesertanya di ‘mute’, mereka bisa mengklik ikon angkat tangan yang menandakan peserta ingin berbicara.

Bagi admin grup, mereka bisa mengatur grup voice chat untuk menentukan siapa yang boleh dan tidak boleh bicara saat obrolan berlangsung.

Baca juga: Cara Menyembuyikan Obrolan pada Telegram

Berikut cara mengatur voice chat agar tertib:

  • Pada grup obrolan, tekan tab ‘lihat obrolan’ yang berada di atas
  • Tekan tombol menu [⋮]
  • Lalu pilih: peserta baru dapat berbicara, peserta baru disenyapkan, atau mengakhiri oobrolan.

Tak hanya itu admin juga bisa membuat invite links yang langsung menuju link voice chat. Invite link ini bisa dibedakan untuk listener (pendengar) dan untuk speaker (pembicara). Link ini akan memudahkan admin ketika ada peserta grup yang baru bergabung tanpa perlu mengatur ulang voice chat. (*)

Baca juga: Aturan Baru Whatsapp Terbit 15 Mei, Simak Ketentuannya

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Telegram Juga Punya Fitur Voice Chat Seperti Discord dan Clubhouse‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here