12 Wisata di Rembang Dapat Izin Buka Seminggu Penuh

Foto: Pantai Karangjahe, Rembang/Google Photos/Roni Arman

Rembang, Suryamedia.id – Pemerintah Kabupaten Rembang kini mulai memberikan izin operasional ke sejumllah tempat wisata setiap hari. Izin tersebut telah tercantum dalam surat edaran Bupati Rembang tertanggal 23 Maret.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa pemerintah memberikan kelonggaran ke sejumlah tempat wisata maupun umum untuk kembali beroperasi secara penuh satu minggu.

Purwono, Kabid Destinasi Dinbudpar Kabupaten Rembang, membenarkan informasi tersebut. Akan tetapi pembukaan tempat wisata selama satu minggu penuh hanya berlaku bagi yang telah mengantongi surat rekomendasi sebelumnya.

“Bukan semua, melainkan destinasi yang sudah memiliki rekomendasi kelayakan protokol kesehatan. Mereka yang sudah mempunyai rekomendasi dari dinas pariwisata yang mempunyai kelayakan operasional prosedur protokol kesehatan yang sudah melalui simulasi,” jelasnya, Senin (29/3/2021).

Baca juga: Pemdes Siapkan Masterplan Wisata Waduk Panohan

Purwono menyebutkan setidaknya ada 12 tempat wisata di Rembang yang mempunyai izin dan surat rekomendasi untuk beroperasional kembali.

“Jadi SE ini mengikat mereka yang sudah mendapatkan rekomendasi. Mereka yang belum mempunyai surat rekomendasi itu menjadi ranah dari satpol PP. Karena kami sudah laporkan ke sana untuk penegakkan perda,” imbuhnya.

Sebelum ada kelonggaran aturan ini, tempat wisata boleh dibuka secara terbatas. Baik dari segi waktu hingga jumlah pengunjung dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga: Kejuaraan Peparnas, Atlet Disabilitas Pati Ikuti Seleksi Daerah di Solo

Dalam peraturan sebelum-sebelumnya pemerintah Rembang sempat memberi batasan operasional hanya sabtu dan minggu saja, kemudian dilonggarkan selama empat hari. Hingga yang terbaru menjadi dibuka penuh setiap hari.

Namun dalam perizinan pembukaan tempat wisata setiap hari ini, masih mempunyai batasan tertentu. Seperti pembatasan jam operasional dan jumlah pengunjung yang ada.

“Destinasi wisata dan tempat umum dibuka setiap hari dengan kapasitas pengunjung 50 persen maksimal jam 15.00,” tutupnya. (*)

Baca juga: Perawat Hononer di Rembang Ingin Diprioritaskan Menjadi PPPK

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Pemkab Rembang Izinkan Tempat Wisata Buka Setiap Hari‘.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here