Doa Agar Dimudahkan Mendapat Pekerjaan

Foto: Ilustrasi/Pixabay

Suryamedia.id – Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) cukup mengganggu tatanan normal kehidupan sebelumnya. Tak hanya dari segi kesehatan, dari segi ekonomi pun ikut terubrak-abrik. Aktivitas ekspor-impor terhambat, banyak perusahaan terpaksa memangkas karyawan karena operasional tak berjalan. Akibatnya angka pengangguran bertambah. Jalan pintasnya, mereka yang harus mengalami dampak pandemi ini antara memutar otak untuk lebih kreatif dengan menjalankan usaha atau mencari tempat lain untuk bekerja.

Dalam kondisi tersebut, ajaran Islam juga mengajarkan agar manusia tetap berusaha dalam mengubah keadaannya. Baik itu dalam mendapatkan rezeki, kesehatan, dan lain sebagainya. Berusaha dan bekerja lebih disenangi Allah daripada meminta belas kasihan.

Dalam hadis riwayat Bukhari disebutkan bahwa Nabi bersabda, “Salah satu dari kalian memikul kayu bakar dipunggungnya itu lebih baik daripada ia minta-minta kepada seseorang baik diberi atau ditolak.”

Baca juga: Merasa Dizalimi dan Teraniaya, Bacalah Doa Berikut

Allah dalam firman-Nya Surat Ar-Ra’d ayat 11 bahwa Allah akan membalas apa yang telah diusahakan manusia.

إِنَّ اللهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

Artinya: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”

Baca Juga :   Doa Rasulullah untuk Meredam Amarah

Jika dalam usahanya masih belum dipertemukan kesempatan yang tepat, maka hendaknya manusia juga berdoa, memohon agar diberikan rezeki Allah. Seperti doa yang disebbutkan dalam hadis riwayat Ibnu An-Najjar.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي ، وَوَسِّعْ لِي فِي خُلُقِي ، وَطَيِّبْ لِي كَسْبِي ، وَقَنِّعْنِي بِمَا قَسَمْتَ لِي ، وَلا تَذْهَبْ بِنَفْسِي إِلَى شَيْءٍ قَدْ صَرَفْتَهُ عَنَى.

“Ya Allah, ampunillah dosaku, muliakanlah akhlakku, berikanlah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku bersyukur saat menerima apa pun yang Engkau anugerahkan kepadaku, dan janganlah Engkau buatku mengingat sesuatu yang telah Engkau palingkan dariku. (HR. Ibnu An-Najjar).

Baca juga: Doa Memohon Ketenangan dan Kejernihan Hati

Kemudian, untuk memutkahirkan usaha dan doa maka hal terakhir yang hendaknya dilakukan manusia adalah dengan bertawakkal. Berpasrah pada ketentuan Allah. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Surat Ali Imran ayat 159.

فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

Artinya: “Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertwakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang brtawakal pada-Nya.”

Baca Juga :   Baca Doa Ini Saat Ekonomi Sedang Sulit

Semoga, di tengah keadaan yang masih belum normal ini semoga usaha, doa, dan tawakkal yang dilaksanakan berujung pada rezeki dan hasil yang baik. Aamin. (*)

Baca juga: Doa Rasulullah untuk Meredam Amarah

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Doa dan Amalan Agar Segera Mendapat Pekerjaan‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here