Pati Masuk 3 Besar Daerah dengan Hasil Tangkapan Ikan Terbanyak

Foto: Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati/Suryamedia.id

Pati, Suryamedia.id – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati Edy Martanto mengatakan, hasil tangkapan ikan nelayan Pati masuk tiga besar di seluruh Indonesia.

Selain Kabupaten Pati, daerah lain yang masuk tiga besar hasil tangkapan ikan adalah Indramayu dan Muara Baru ( Jakarta).

Pati nomor tiga secara nasional dalam hasil tangkapan. Armada kapal nelayan yang paling hebat di Indonesia di Pati,” ujar Edy saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (1/4/ 2021).

Dalam satu tahun, nelayan Pati dapat mendapatkan ikan sebanyak 58 ribu ton dengan nilai lebih dari Rp535 miliar. “ Tangkapan ikan selama satu tahun di Kabupaten Pati 58 ribu ton baik nelayan kapal cantrang dan kusen. Ini yang dilaporkan ya,” tutur Edy.

Baca juga: Gropyokan, BPP Margorejo Kendalikan Hama Tikus

Setiap harinya, nelayan ikan mampu menangkap antara 100 ton hingga 300 ton. “Kalau lagi musimnya sampai 300 ton tiap hari,” katanya.

Hasil tangkapan ikan ini kebanyakan didistribusikan di kota-kota di Jawa Tengah dan sebagian lainnya di ekspor ke manca negara. “Di bawa ke kota-kota besar hingga ekspor dan masyarakat domestik,” tutur Edy.

Baca Juga :   News Grafis : Sindikat Pembobol ATM Bank BRI

Edy mengungkapkan kebanyakan hasil tangkapan ikan ini berasal dari nelayan Juwana. “Armada kapal nelayan 700 kapal di Juwana. Kusen itu 400 cantrang sekitar 150 yang lain untuk kapal cumi dan sebagainya. Kalau kapal-kapal kecil ribuan dari Banyutowo dan lainnya,” kata Edy.

Kapal-kapal itu tersebar di seluruh Indonesia. Mulai dari Pulau Sumatera hingga Papua. Bahkan hingga Samudra Hindia.

“Ada yang nangkap di Papua di turunkan di Papua. Terus yang nangkap di Natuna nanti turunnya di Muara Baru,” jelasnya.

“Kalau bicara simpul dari Sumatra hingga Papua, Pati paling besar. Termasuk ukuran kapal paling gede,” tandas Edy. (*)

Baca juga: Hasil Laut Rembang Lesu di Masa Pandemi

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Masuk Tiga Besar Se-Indonesia, Nelayan Pati Tangkap 50 Ribu Ton Per Tahun‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here